Search

Pemkab Kediri dan BI Secara Resmi Bentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD)

Pemkab Kediri dan BI Secara Resmi Bentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri menjadi salah satu daerah yang dengan sigap melakukan pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), secara resmi pembentukan dan penandatanganan surat keputusan ini digelar di Pendapa Panjalu Jayati Kabupaten Kadiri, Selasa (30/3/2021). Foto : Pemkab Kediri

Kepala BI Perwakilan Kediri Sofwan Kurnia mengawali dengan sambutan dan dilanjutkan oleh Mas Bupati (Mas Bup) Kediri, Hanindhito Himawan Pramana (Mas Dhito) kemudian penanda tanganan oleh Mas Bup Dhito secara virtual.

Perlu diketahui, sebelumnya Pemkab Kediri mendukung dengan adanya Elektronifikasi Transaksi Pemerintah (ETP) yaitu dalam upaya mengubah suatu transaksi pemerintah daerah dari cara tunai menjadi non tunai.

TP2DD merupakan forum komunikasi dan koordinasi yang tidak hanya diakselerasikan pada ETP saja, namun rencana pada perluasan digitalisasi ekosistem Pemda (pemerintah daerah) dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Seperti halnya yang dituturkan oleh Mas Bup Dhito diantaranya melalui perluasan ETP pajak daerah (PBB, PBHTB, dan sebagainya), retribusi seperti e-parkir, serta penggunaan QRIS oleh koperasi dan sebagainya.

Pada kesempatan ini Mas Bup Dhito menyebutkan, digitalisasi merupakan kunci untuk menjawab tantangan peningkatan kualitas layanan pemerintah, Mas Bup Dhito sebelumnya juga sempat berdiskusi dengan Kepala BI perwakilan Kediri terkait digitalisasi.

“Kami mempunyai rencana untuk membangun induk pasar yang mungkin bisa menjadi bagian dari proses perluasan digitalisasi,” ungkap Mas Bup Dhito, hal ini demi mendorong kesejahteraan masyarakat berdasarkan ekonomi kerakyatan dan digitalisasi.

Sofwan Kurnia menuturkan, kegiatan penanda tanganan ini menjadi tonggak awal Kabupaten Kediri nantinya untuk mengembangkan berbagai kegiatan lanjutannya.

“Kita akan mendorong kerjasama antar daerah bersama Mas Bupati demi kemajuan daerah kedepannya,” katanya, acara ini ditutup dengan penyerahan secara simbolis yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Kediri. (Pemkab Kediri) (A Rudy Hertanto)

INDEX