Search

Begini Cara Cuci Sepatu Vans Biar Tetap Awet

Begini Cara Cuci Sepatu Vans Biar Tetap Awet

Sepatu Vans Warna Kuning. Sumber foto : https://unsplash.com/photos/OJTNpLmsSHs?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Vans merupakan salah satu merk sepatu yang disukai orang dari berbagai rentang usia. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa masih banyak yang suka memakai sepatu vans. Merk sepatu asal Amerika Serikat ini memberikan sepatu yang kasual, sederhana, namun nyaman dipakai. Sebagai sepatu sehari-hari, vans tentunya perlu rutin dicuci, agar sepatu Vans awet, maka pemakai sepatu ini perlu paham cara cuci sepatu Vans yang benar.

Secara umum, sepatu Vans yang belum terlalu kotor sebaiknya tidak langsung dicuci dengan air. Anda bisa mengelap, atau menyikatnya dengan sikat khusus sepatu. Namun, dalam kondisi-kondisi tertentu, seperti terkena lumpur, terkena noda berwarna, hingga terkena kotoran berbau, maka sepatu Vans harus segera dicuci.

5 Cara Cuci Sepatu Vans Biar Awet

Cara cuci sepatu Vans harus dilakukan dengan tips-tips khusus agar bahan-bahannya tidak menipis dikarenakan cara mencuci yang salah. Kalau cara cuci sepatu Vans dilakukan dengan asal-asalan, maka bukan tidak mungkin warnanya akan cepat memudar.

Berikut ini 5 cara mencuci sepatu Vans biar tetap awet dan tahan lama:

1. Gunakan Sikat & Sabun yang Lembut
Sebelum mencuci sepatu Vans Anda, pertama-tama sediakan sikat gigi atau sikat sepatu yang bulu sikatnya lembut. Hal ini bertujuan agar serat-serat kain di sepatu tidak robek saat disikat dan menyebabkan sepatu menjadi tipis. Untuk penggunaan sabun, hindari penggunaan detergen bubuk, lebih disarankan sabun cair atau sabun laundry yang mengandung pelembut. Sabun laundry dengan pelembut lebih cocok untuk berbagai jenis kain sehingga tidak membuat kusut dan kering.

2. Jangan Celupkan Sepatu ke Air
Saat mencuci sepatu Vans, jangan mencelupkan seluruh bagian sepatu sampai basah kuyup. Sebaiknya siapkan sabun cair yang sudah dicampur air di ember kecil. Kemudian gunakan sikat yang sudah disiapkan untuk membasahi bagian sepatu yang ingin dibersihkan. Sikat secara lembut hingga seluruh noda hilang.

3. Gunakan Pemutih hanya untuk warna putih
Hindari menggunakan pemutih untuk sepatu yang bukan berwarna putih. Pemutih yang cenderung keras, bisa merusak warna asli sepatu. Pemutih sebaiknya hanya digunakan untuk rubber sepatu yang berwarna putih.

4. Langsung Keringkan Sepatu dengan Handuk
Setelah selesai mencuci sepatu Vans, sebaiknya langsung lap sepatu dengan handuk kering atau kain microfiber. Langkah ini sangat diperlukan agar kain sepatu tidak lembap. Sepatu yang lembap bisa memicu tumbuhnya jamur dan bau tidak sedap.

5. Jemur di Tempat Teduh
Setelah dikeringkan, jemur sepatu di tempat teduh. Jangan menjemur sepatu langsung di bawah sinar matahari. Karena hal tersebut bisa membuat kain sepatu menjadi kering dan warnanya cepat memudar.

Itulah lima cara mencuci sepatu Vans agar sepatu tetap awet dan mengkilap. Membahas tentang sepatu Vans, sneakers yang satu ini kerap melakukan kolaborasi dengan berbagai produk atau IP terkenal.

Salah satu kolaborasi yang terbaru adalah vans x one piece, kolaborasi ini adalah yang pertama kali dilakukan antara Vans dengan One Piece. Produk kolaborasi yang dihasilkan mulai dari sepatu hingga apparel.

Berdasarkan laman hypebeast.com kolaborasi Vans X One Piece menghasilkan enam jenis, sepatu, hoodie, kaus lengan panjang, kaus lengan pendek, hingga jaket. Beberapa jenis sepatu yang bakal dirilis adalah Sk8-Hi Punk Hazard yang bergambar seluruh kru dari Luffy. Kemudian ada Classic Old Skool “Devil Fruit”, sepatu Vans klasik dengan warna biru langit, dan ada Classic Authentic yang dibuat seperti sepatu dari bahan jerami, seperti topi jerami milik Luffy.

Kolaborasi unik ini akan dirilis mulai 11 November 2022. Bagi Anda yang berminat tak perlu bingung membelinya di mana. Langsung saja pantengin Blibli karena di Mal Online Terbesar di Indonesia itu akan diadakan Histeria Vans tepat di 11 November. Anda bisa mendapatkan produk-produk Vans dengan tema One Piece dengan harga terbaik.

Bersiaplah mendapatkan diskon besar-besaran hingga 70%+10%. Berbelanja di Blibli dijamin mendapatkan produk orisinal. Belanja pun tidak akan menjadi lebih boros karena pengiriman dijamin gratis ongkir.(*)

INDEX