Search

Kerja Bakti Bersih Sungai, Tebar Benih Ikan Lokal dan Tanam Pohon Warnai World Earth Day 2024 di Kota Kediri

Kerja Bakti Bersih Sungai, Tebar Benih Ikan Lokal dan Tanam Pohon Warnai World Earth Day 2024 di Kota Kediri

Pj Walikota Kediri, Zanariah bersama Forkopimda berfoto sebelum berangkat melakukan susur Sungai Brantas dalam rangkaian kegiatan World Earth Day 2024 di Kota Kediri, Sabtu (27/4/2024). Foto : A Rudy Hertanto

Seribu lebih orang berasal dari relawan, organisasi pecinta lingkungan, pelajar dan pihak lainnya memperingati World Earth Day 2024 bertajuk Kerja Bakti Bersih Sungai dan Tebar Benih Ikan Lokal serta Penanaman Pohon di Daerah Aliran Sungai Brantas Kota Kediri, digelar BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Kediri, berpusat di Taman Brantas, Kota Kediri.

Kegiatan dimulai dengan Apel yang dipimpin oleh Pj Walikota Kediri, Zanariah dan dihadiri Forkopimda, selain Hari Bumi, kegiatan ini sekaligus merayakan Hari Air Dunia dengan tindakan nyata.

Dalam sambutannya, Zanariah mengatakan, “Kita berupaya mengoptimalkan ruang terbuka hijau ini untuk hal-hal positif masyarakat, saya berharap acara ini tidak hanya dilihat sebagai satu kegiatan belaka, tetapi awal dari perubahan baik yang lebih besar.”

“Saya bangga melihat partisipasi luar biasa dari semua elemen masyarakat, ini menunjukkan bahwa Kota Kediri memiliki komitmen yang kuat untuk menjaga keindahan alam kita,” lanjutnya.

“Saya berharap, komitmen ini juga ditularkan di lingkungan sekitar masing-masing, hal ini bisa dimulai dari kebiasaan, membuang sampah pada tempatnya, tidak memakai setrum, racun ataupun bom ikan di sungai serta aktif menjaga saluran air tetap bersih,” tuturnya.

Zanariah juga menjelaskan, “Sungai yang mengalir di tengah Kota Kediri ini merupakan sumber kehidupan bagi banyak mahluk dan sebagai masyarakat kita memiliki tanggung jawab untuk menjaganya tetap bersih dan sehat.”

“Kegiatan bersih-bersih sungai seperti yang kita lakukan hari ini bukan hanya tentang membersihkan sampah fisik dari sungai, tetapi juga tentang merawat kesadaran dalam menjaga lingkungan kita tetap, setiap sampah yang kita angkat dari sungai ini adalah langkah kecil yang menuju pada lingkungan yang lebih bersih, sehat dan berkelanjutan,” urainya.

“Seiring dengan musim penghujan, semoga upaya kita hari ini dapat mengurangi resiko terjadinya bencana banjir dan kemungkinan dampak bencana lain di kawasan sekitar Sungai Brantas dan bermanfaat bagi masyarakat,” imbuh Zanariah.

Sementara itu Kepala BPBD Kota Kediri, Indun Munawaroh mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi warga Kota dan Kabupaten Kediri pada acara tersebut, “Hari ini kita melibatkan hampir kurang lebih 1170 relawan dan organisasi perangkat daerah serta temen-temen dari TNI POLRI.”

“Ada tiga kegiatan utama, yang pertama adalah kita melakukan pembersihan terhadap sampah dan enceng gondok di sekitaran daerah aliran sungai terus kemudian kita melakukan tebar benih ikan lokal, kita hari ini mendapatkan 100 ribu benih ikan lokal dari provinsi dan 15 ribu benih ikan dari relawan BPBD,” ujarnya.

“Kita yang terakhir adalah melakukan penanaman pohon, kita tadi mendapatkan bantuan 300 pohon dari temen-temen Wahyu Alam, bibit-bibit yang memang tanaman-tanaman yang bermanafaat untuk Kota Kediri,” terang Indun.

Data dihimpun, tebar benih ikan yakni Wader, Tawes, Baderbang, Sengkaring, Nilem. Bibit tanaman yaitu, Buni, Jati Belanda, Mundu, Ketepeng, Beringin, Kluwak, Gayam Karet Kebo, Asam, Kayu Lanang. (A Rudy Hertanto)

INDEX