Search

Mas Dhito Perhatikan Mitigasi Bencana Rencana Destinasi Wisata Embung Kalibago Kediri

Mas Dhito Perhatikan Mitigasi Bencana Rencana Destinasi Wisata Embung Kalibago Kediri

Mas Dhito saat blusukan di Embung Kalibago Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri, Minggu (1/11/2020). Foto : A Rudy Hertanto

Menanggapi keinginan masyarakat setempat menjadikan kawasan Embung Kalibago di Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri sebagai destinasi wisata.

Hanindhito Himawan Pramono (akrab disapa Mas Dhito) Calon Bupati (Cabup) Kediri tahun 2020 mengatakan, kewenangan pengelolaan embung itu berada di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim).

“Walaupun memang kewenangan ini ada di Pemprov tapi nanti saya akan bicara dengan Pemprov,” katanya seusai berdialog dengan warga sekitar Embung Kalibago, Minggu (1/11/2020).

Mas Dhito mengungkapkan, selain itu warga juga meminta perbaikan pintu air embung agar lumpur atau endapan bisa mengalir ke bawah, kemudian perlunya rumah jaga dan jaringan pipa air dari embung ke kawasan pemukian penduduk sekitar.

“Jadi disini air sudah tidak menjadi persoalan tapi bagaimana proses pengairannya yang sekarang yang harus diperhatikan,” urainya.

Mengenai sisi teknis menjadikan Embung Kalibago sebagai destinasi wisata, Mas Dhito menjelaskan, agar terlebih dahulu memperhatikan ketersediaan akses jalan yang layak dan terutama terkait mitigasi bencana karena berada zona rawan tanah longsor.

Sehingga perlu pembicaraan atau perencanaan lebih lanjut dan detail dengan pihak terkait yang berhubungan dengan mitigasi bencana.

“Bukannya saya melarang, tidak tapi sangat disayangkan kalau nanti dijadikan destinasi wisata, akses jalannya masih belum memadai dan ini daerah yang cukup sering terjadinya longsor di saat musim hujan,” tutur Mas Dhito.

“Artinya terkait mitigasi bencana tanah longsor ini harus diperhatikan dulu, bagaimana nanti apakah itu nanti akan dibuat kontur-kontur yang sesuai dengan peruntukannya,” imbuhnya. (A Rudy Hertanto)

INDEX