Search

Khusnul Arif NasDem Realisasikan Pembangunan Saluran Irigasi di Desa Wonojoyo Kediri

Khusnul Arif NasDem Realisasikan Pembangunan Saluran Irigasi di Desa Wonojoyo Kediri

Anggota Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Kediri, Khusnul Arif yang kerap dipanggil Mas Pipin (kiri, batik biru) meninjau pelaksanaan realisasi pembangunan saluran irigasi di Dusun Krajan Kidul, Desa Wonojoyo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, Jumat (10/6/2022). Foto : DPD Partai NasDem Kabupaten Kediri

Khusnul Arif mengungkapkan, realisasi pembangunan saluran irigasi tersebut merupakan hasil dari Program Pokir DPRD Kabupaten Kediri, Tahun Anggaran (TA) 2022.

“Dalam Pasal 78 ayat (2) dan (3) Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, bahwa dalam penyusunan RKPD Awal, DPRD memberikan Rancangan dan pendapat berupa Pokok-Pokok Pikiran DPRD berdasarkan hasil reses/penjaringan aspirasi masyarakat sebagai masukan dalam perumusan kegiatan, lokasi kegiatan dan kelompok sasaran yang selaras dengan sasaran pembangunan yang telah ditetapkan dalam RPJMD,” kata Mas Pipin.

Lebih lanjut Khusnul Arif menjelaskan, dalam pembangunan saluran irigasi di Dusun Krajan Kidul dilakukan secara padat karya, pekerjanya berasal dari masyarakat setempat.

“Para pekerjanya dari masyarakat Dusun Krajan Kidul dan Desa Wonojoyo, satu hari bisa mencapai sekitar 77 orang,” urai Mas Pipin.

Khusnul Arif menuturkan, target pengerjaan berlangsung selama 15 hari dengan volume sekitar, panjang 100 meter, lebar 1,30 meter dan kedalamannya 80 cm.

“Saya berharap realisasi program pokir ini dapat meneruskan dan menyambung saluran irigasi yang sudah ada, guna sistem atau tata kelola yang semakin baik pada pengairan pertanian, dilokasi kegiatan maupun sekitarnya,” ujar Mas Pipin.

“Selain itu juga menambah pendapatan masyarakat serta mendongkrak kualitas produksi pertanian setempat diantaranya, padi, jagung, lombok dan lainnya,” pungkasnya.

Kepala Desa Wonojoyo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Dwi May Susanto mengucapkan terima kasih atas didirikannya pembangunan irigasi untuk pertanian oleh Khusnul Arif.

“Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi warga Wonojoyo, yang kedua untuk pemulihan ekonomi kita melaksanakan padat karya tunai yang diberi kerjakan banyak orang, pada hari ini ada jumlah 77 orang baik laki-laki maupun perempuan kita libatkan untuk pemulihan ekonomi terdampak covid-19,” ucapnya. (DPD Partai NasDem Kabupaten Kediri)

INDEX