Search

Menuju Kampung Keluarga Sejahtera, Desa Dawuhan Kidul Galakkan Program Keluarga Berencana

Menuju Kampung Keluarga Sejahtera, Desa Dawuhan Kidul Galakkan Program Keluarga Berencana

Sebagai desa percontohan, Desa Dawuhan Kidul, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri terus menggalakkan program Keluarga Berencana (KB), demikian dikabarkan, Rabu (1/8/2018). (Foto: Dokumentasi Pemerintah Desa Dawuhan Kidul, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri)

Kepala Desa (Kades) Dawuhan Kidul, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, Ahmad Ali Arifin mengungkapkan, tujuan utama dari program KB ini adalah terwujudnya kesejahteraan keluarga dan meningkatkan kesehatan masyarakat yakni anak-anak hingga lanjut usia (lansia), urainya pekan kemarin.

Dalam program KB itu, diwujudkan dengan pelayanan kesehatan pada posyandu bagi balita, remaja dan lansia. Pemeriksaan kesehatan, senam lansia menjadi agenda rutin bulanan dan donor darah berkala yang dipusatkan di balai desa setempat.

Sepert dikatakan Ahmad Ali, untuk mensukseskan program KB, pihak pemerintah desa juga bekerjasama dengan sejumlah pihak terkait lainnya, penyediaan mobil siaga yang digunakan sebagai fasilitas transportasi bagi peserta progam KB sekaligus difungsikan sebagai mobil siaga kesehatan.

Selain itu juga dilakukan kegiatan sosialisasi tentang kesadaran ber KB. Melalui program ini diharapkan, dimasa mendatang perencanaan serta penataan keluarga akan lebih mudah dilakukan menuju keluarga yang sejahtera. (Pratikto Rendra Putranto)

INDEX