Search

5 Alasan Kenapa Masyarakat Indonesia Harus Beli Produk Lokal

5 Alasan Kenapa Masyarakat Indonesia Harus Beli Produk Lokal

Foto: https://images.pexels.com/photos/6161672/pexels-photo-6161672.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&w=1260&h=750&dpr=2

Produk lokal kerap memiliki pamor yang kalah mentereng dibandingkan produk buatan produsen asal luar negeri yang memiliki merek lebih terkenal di Indonesia. Hal ini tidak mengherankan mengingat produk impor telah cukup lama menyerbu pasar Indonesia akibat derasnya arus globalisasi.

Namun, belakangan mulai banyak aktivis yang menggiatkan jargon dan tagar I Love Indonesia. Hal ini dilakukan karena banyak yang sudah sadar tentang keharusan mencintai dan membeli produk lokal. Sebenarnya, inilah alasan kenapa kita harus support produk lokal.

Kenapa Harus Beli Produk Lokal?

Selama ini rasa gengsi membuat masyarakat Indonesia cenderung memilih produk dengan merek dari luar negeri alih-alih produk buatan UMKM atau produsen lokal. Padahal, banyak hal yang bisa diraih dengan cinta produk dalam negeri. Berikut ulasan tentang alasan membeli produk lokal yang harus Anda pahami!

1. Mendukung Perkembangan UMKM Lokal

Salah satu manfaat yang didapat dari membeli produk buatan lokal adalah berkembangnya usaha mikro kecil dan menengah alias UMKM lokal. Dengan membeli produk lokal maka Anda telah berkontribusi untuk mendukung UMKM dan produsen dalam negeri untuk berkreasi dan berinovasi pada produknya.

Dengan membeli produk lokal maka Anda telah memberi kesempatan pada produsen lokal untuk lebih memperbaiki produk yang dihasilkannya sehingga akhirnya bisa bersaing di pasar global.

2. Mengembangkan Lapangan Kerja

Anda mungkin sudah sangat memahami problematika kurangnya lapangan pekerjaan dibandingkan jumlah tenaga kerja yang dimiliki oleh negeri ini. Berangkat dari latar belakang itulah, sebuah UMKM didirikan.

Jika Anda memutuskan untuk menunjukkan rasa cinta produk dalam negeri dengan cara membeli produk buatan lokal, maka Anda secara tidak langsung telah membuat tingkat produksi di UMKM atau perusahaan lokal itu menjadi meningkat.

Peningkatan produksi ini pada akhirnya akan menuntut lebih banyak tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan demand konsumen. Otomatis, Anda juga ikut memperluas lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

3. Produk Berkualitas dengan Harga Lebih Terjangkau

Barang buatan lokal biasanya dibanderol dengan harga yang lebih murah daripada produk sejenis buatan perusahaan mancanegara. Namun, belum tentu kualitas produk lokal tidak sebaik produk sejenis buatan perusahaan mancanegara.

Kurang diminatinya produk lokal biasanya terjadi karena bias masyarakat yang berpikir bahwa brand luar negeri yang telah cukup lama malang melintang di pasaran lokal jauh memiliki kualitas yang lebih terjamin.

Padahal, nyatanya banyak pula produk dalam negeri yang bisa bersaing di pasar global dan menunjukkan kualitas yang baik. Produk dalam lokal hanya butuh sedikit dorongan pasar dan kepercayaan konsumen dalam negeri sendiri untuk mulai membangun citra brand yang bagus seperti pesaing dari perusahaan mancanegara.

4. Menaikkan Devisa

Devisa adalah semua barang yang bisa ditukarkan dengan uang luar negeri sehingga bisa dijadikan alat tukar pembayaran di lingkup internasional. Devisa inilah yang menjadi tolok ukur untuk menentukan stabilitas ekonomi sebuah negara.

Makin banyaknya konsumen dalam negeri yang meminati produk lokal, maka akan makin naiklah pamor brand produk lokal di mata konsumen mancanegara. Jika akhirnya konsumen dari luar Indonesia ikut menyukai produk lokal, maka otomatis devisa negara pun akan ikut naik.

5. Meningkatkan Perekonomian Indonesia

Makin banyaknya penduduk Indonesia yang membeli produk dalam negeri otomatis akan meningkatkan pendapatan negara. Hal ini bisa terjadi karena uang sebagai alat tukar yang dikeluarkan untuk membeli produk lokal nantinya akan berputar di dalam negeri dan meningkatkan aktivitas perekonomian.

Jadi, jelas bahwa membeli produk lokal bisa meningkatkan perekonomian negara dan membuat UMKM dan produsen lokal dapat terus menjalankan bisnisnya. Lain halnya apabila Anda membeli produk buatan perusahaan mancanegara yang akhirnya malah menambah devisa negara tersebut.

Produk lokal buatan UMKM dan perusahaan dalam negeri sendiri mudah ditemukan di market konvensional maupun e-commerce. Blibli, sebagai salah satu toko online terpercaya di Indonesia juga turut serta mendukung usaha produsen lokal dengan mengadakan promosi Pejuang Lokal.

Di Blibli, Anda bisa membeli banyak produk buatan produsen lokal dengan harga yang terjangkau dan kualitas terjamin. Anda juga bisa menikmati diskon produk lokal serta gratis ongkir saat berbelanja di Blibli. (*)

INDEX