Search

Berencana Menikah dalam Waktu Dekat? Siapkan 7 Hal Ini agar Pernikahan Lancar

Berencana Menikah dalam Waktu Dekat? Siapkan 7 Hal Ini agar Pernikahan Lancar

Foto : https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-cinta-upacara-perayaan-5166519/

Menikah adalah momen yang sangat penting dalam hidup seseorang. Saat kamu punya rencana untuk menikah, maka harus ada persiapan matang yang dilakukan jauh-jauh hari. Ada banyak hal yang harus disiapkan sebelum menikah jadi pastikan kamu memulainya jauh sebelum hari atau tanggal pernikahan akan digelar. Yuk, cari tahu apa saja persiapan yang harus kamu lakukan!

7 Persiapan Pernikahan yang Harus Kamu Pikirkan

Semua orang pasti ingin acara pernikahannya berjalan dengan lancar. Supaya lancar maka harus ada persiapan yang matang. Apalagi jika kamu ingin mengadakan pesta pernikahan yang dihadiri oleh banyak tamu undangan. Berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan saat menyambut hari pernikahan.

1. Mental

Pertama, persiapkan dulu mental untuk menikah. Ingat, menikah bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Tidak sekadar mengeluarkan uang dan mengadakan acara. Kamu harus memikirkan bagaimana kehidupanmu setelah acara pernikahan. Persiapkan mental untuk mengarungi hidup berdua bersama pasangan.

Persiapan mental sebelum menikah sangatlah penting untuk dilakukan tapi sering diabaikan. Pernikahan akan membawa banyak perubahan besar dalam hidupmu. Siapkan mental sebaik mungkin agar kamu dan pasangan tidak menyesali keputusan di masa depan.

2. Venue Pernikahan

Selanjutnya kamu harus tentukan venue yang kamu inginkan sebagai lokasi untuk menikah. Saat ini semakin banyak hadir pilihan venue pernikahan di berbagai kota. Pastikan kamu memilih venue yang benar-benar sesuai dengan harapanmu. Misalnya, kamu ingin menggelar pernikahan outdoor maka pilihlah venue yang mendukung konsep acara tersebut.

Saat memilih venue ini kamu juga harus mempertimbangkan budget dan kapasitas. Cari tahu berapa banyak tamu undangan yang akan hadir. Sesuaikan pilihan venue dengan bujet yang kamu miliki agar tidak menyusahkan diri sendiri. Kamu juga harus mengetahui apakah hari pernikahanmu sudah sesuai dengan ketersediaan venue atau belum.

3. Berkas atau Dokumen Menikah

Berikutnya kamu harus mempersiapkan berkas atau dokumen menikah. Coba cari tahu dulu berapa bulan persiapan pernikahan yang bisa kamu manfaatkan. Jangan mengurus berkas atau dokumen saat mepet hari H pernikahan. Siapa tahu ada kendala dalam pengurusan dokumen, jadi ada waktu luang bagi kamu dan calon pasangan untuk menyelesaikannya.

Saat mengurus berkas ini kamu juga harus memperhatikan syarat-syarat menikah sesuai agama yang dianut. Pastikan bahwa semua syarat terpenuhi dengan baik sehingga kamu bisa menikah tanpa kendala.

4. Undangan dan Souvenir

Siapkan juga undangan dan souvenir pernikahan untuk dibagikan kepada tamu. Undangan dan souvenir ini bisa memakan biaya yang cukup besar jadi sebaiknya dipikirkan matang-matang. Pastikan undangan yang akan dibagikan kepada para tamu sudah sesuai dengan keinginan. Mulai dari desain, warna, juga informasi yang tertera di dalamnya.

Sementara itu untuk souvenir juga harus dipikirkan dengan baik. Pastikan suvenir ini bisa bermanfaat dan meninggalkan kesan bagi para tamu undangan. Pilih juga jenis souvenir yang sesuai dengan konsep pernikahan supaya kesan yang diberikan semakin kuat. Jangan lupa, perhitungan bujet secara cermat agar tidak boros dan sia-sia.

5. Dekorasi dan Katering

Jangan lupa, persiapkan juga dekorasi dan catering untuk para tamu undangan. Dua hal ini juga sangat penting karena akan berpengaruh pada kelancaran acara pernikahan yang digelar. Usahakan memilih konsep dekorasi yang paling sesuai dengan keinginanmu. Selain itu diskusikan juga bujet dengan vendor yang akan mengerjakan dekorasi.

Untuk urusan katering, kamu harus selektif memilih vendor yang tepat. Pastikan katering yang kamu gunakan punya kualitas dan bisa menyediakan menu sesuai dengan keinginanmu. Saat memilih catering, kamu juga harus mempertimbangkan bujet. Pastikan pilihan menunya sudah sesuai dengan ketersediaan dana yang bisa kamu keluarkan.

6. MUA

Jasa make up atau MUA juga jadi salah satu hal yang harus disiapkan sebelum menikah. Pastikan kamu memilih MUA yang berkualitas dan bisa memberikan tampilan make up sesuai karakter serta konsep pernikahan yang diinginkan. Cobalah bekerja sama dengan vendor MUA yang sudah berpengalaman dan pastikan tarif yang dibebankan kepada kamu sudah sesuai dengan budget.

7. Gaun Pengantin

Ada satu lagi hal penting yang harus dipersiapkan sebelum menikah bagi wanita yaitu gaun pengantin. Setiap wanita pasti punya impian gaun pengantin masing-masing jadi jangan sampai salah pilih. Pilihlah gaun pengantin yang paling cocok dengan impianmu. Memakai gaun yang salah dan tidak sesuai keinginan akan membuat momen pernikahanmu jadi tidak berkesan.

Beli Gaun Pengantin secara Online di Blibli

Di zaman digital seperti sekarang, kamu bisa mendapatkan gaun pengantin impian secara online lewat marketplace. Blibli menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin mencari gaun pengantin dengan kualitas terbaik. Banyak sekali pilihan Wedding Dress tersedia di e-commerce Blibli dan kualitasnya pun layak untuk diandalkan. Dijamin aman karena transaksi mudah dan barang bisa sampai di waktu yang tepat.

Lewat Blibli, kamu bisa menemukan banyak pilihan gaun menarik nan cantik. Pilihan tipenya juga beragam, ada wedding dress dari bahan lace yang mewah dan elegan. Ada pula dress yang terbuat dari bahan breathable sehingga nyaman dipakai dan tidak gerah.

Tersedia juga wedding dress yang simple tapi tetap berkelas. Beli gaun di Blibli tak akan rugi karena praktis, banyak pilihan, dan harganya juga bersahabat.

Perhatikan semua jenis hal yang harus disiapkan sebelum menikah dengan cermat. Pastikan kamu mempersiapkan acara pernikahan secara detail dan benar-benar matang. Jadikan momen istimewa ini semakin berkesan karena kamu mempersiapkannya dengan baik sesuai impian. (*)

INDEX