Search

Posbindu PTM Mobile Dinkes di MAN 2 Kota Kediri

Posbindu PTM Mobile Dinkes di MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri menjadi tempat pelaksanaan Program Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) PTM (Penyakit Tidak Menular) Mobile “go to school” tingkat SMA dan sederajat, digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kediri, Jumat (16/10/2020). Foto-foto : A Rudy Hertanto

Dengan didampingi tenaga teknis Dinkes Kota Kediri, kader Posbindu PTM yakni pelajar dari sejumlah sekolah tingkat SMA dan sederajat yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan, melakukan pemeriksaan medis kepada warga sekolah.

Tindakan skrining faktor resiko PTM tersebut diantaranya pengukuran tekanan darah, gula darah, berat dan tinggi badan, indeks massa tubuh serta lain-lain.

dr. Fauzan Adima (foto utama) Kepala Dinkes Kota Kediri saat membuka acara mengatakan, terkait pencegahan dan pengendalian PTM maka perlu untuk mengoreksi gaya hidup melalui perilaku hidup bersih dan sehat salah satunya berolah-raga.


Baca Juga >>> Cegah Komplikasi PTM, Puluhan Kader Posbindu Sekolah Kota Kediri Jalani Pelatihan Medis


dr. Fauzan berharap para pelajar kader Posbindu dapat menjadi “agent of change” menjadi agen perubahan menuju kehidupan yang lebih sehat, mengajak keluarga maupun teman sekolah untuk melakukan pencegahan PTM.

Alfan Sugiyanto Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Kediri menjelaskan, kegiatan ini sekaligus bertujuan mengakselerasi capaian Standart Pelayanan Minimal (SPM) pelayanan kesehatan pada usia produktif (15-59 tahun) melalui deteksi dini faktor resiko PTM pada usia sekolah.

“Kader Posbindu Sekolah adalah garda terdepan menjadi agen perubahan dalam pencegahan dan pengendalian PTM di lingkungan sekolah, sehingga pengetahuan yang telah diberikan dapat diimplementasikan kepada warga sekolah yang berkunjung ke Posbindu,” katanya.

“Selain itu juga menggalakkan Peduli PTM melalui gerakan CERDIK yakni Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga atau aktifitas fisik, Diet sehat dengan gizi seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stress,” pungkas Alfan. (A Rudy Hertanto)


 

 

 

 

INDEX

Leave a Comment