Search

Cegah Komplikasi PTM, Puluhan Kader Posbindu Sekolah Kota Kediri Jalani Pelatihan Medis

Cegah Komplikasi PTM, Puluhan Kader Posbindu Sekolah Kota Kediri Jalani Pelatihan Medis

Puluhan pelajar tingkat SMA dan sederajat mendapatkan pembekalan pelatihan kader Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) PTM (Penyakit Tidak Menular) Sekolah dari tenaga teknis kesehatan di ruang Graha II B Kantor Dinas Kesehatan Kota Kediri, Kamis (15/10/2020). Foto-foto : A Rudy Hertanto

Alfan Sugiyanto Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Kediri mengatakan, peningkatan kematian akibat PTM menjadi ancaman serius kesehatan masyarakat karena menambah beban ekonomi dan sosial keluarga dan masyarakat.

“Dari 100 orang penyandang PTM sebanyak 70 orang tidak menyadari dirinya mengidap PTM, sehingga terlambat dalam mendapatkan penanganan yang mengakibatkan terjadi komplikasi,” ungkapnya.

Menurut Alfan, skrining faktor resiko PTM seperti pengukuran tekanan darah, gula darah sewaktu, indeks massa tubuh dan lain-lain dapat dilakukan secara mandiri oleh setiap orang, namun masih banyak pula yang memerlukan bantuan melalui Posbindu.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan umum tentang PTM beserta faktor resikonya yang memudahkan bagi kader Posbindu dalam mengenal, mendeteksi sedini mungkin dan mengendalikannya setelah terkena, sehingga diharapkan dapat menjadi contoh atau agen perubahan bagi masyarakat dilingkungan sekitarnya,” urainya.

“Goal lainnya yakni mengakselerasi capaian Standart Pelayanan Minimal (SPM) pelayanan kesehatan pada usia produktif (15-59 tahun) melalui deteksi dini faktor resiko PTM pada usia sekolah,” sambung Alfan.

“Kader Posbindu Sekolah adalah garda terdepan menjadi agen perubahan dalam pencegahan dan pengendalian PTM di lingkungan sekolah, sehingga pengetahuan yang telah diberikan dapat diimplementasikan kepada warga sekolah yang berkunjung ke Posbindu,” imbuhnya. (A Rudy Hertanto)


 

 

 

 

 

 

 

 

INDEX

Leave a Comment