Search

Mas Dhito Bakal Mendorong Terbukanya Akses Keterlibatan Gerkatin Kabupaten Kediri

Mas Dhito Bakal Mendorong Terbukanya Akses Keterlibatan Gerkatin Kabupaten Kediri

Hinindhito Himawan Pramono (akrab disapa Mas Dhito) Calon Bupati Kediri tahun 2020 bersilaturahmi dengan Gerkatin (Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia) Kabupaten Kediri di Kedai Chandra di Desa Turus Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, Rabu (7/10/2020). Foto : A Rudy Hertanto

Hadir Maskurun Ketua Gerkatin Provinsi Jawa Timur, sesi dialog berlangsung dengan dipandu penerjemah bahasa isyarat. Makrifatus Sa’diyah Ketua Gerkatin Kabupaten Kediri menyampaikan, banyak kegiatan yang telah dilakukan Gerkatin Kabupaten Kediri.

“Tetapi semua belum bisa kami laksanakan secara maksimal tanpa adanya dukungan dari pemerintah Kabupaten Kediri,” katanya. Bantuan dan dukungan kepada Gerkatin dimaksudkan guna mengembangkan kreatifitas disabilitas tuli di Kabupaten Kediri.

Dalam kesempatan itu, Gerkatin Kabupaten Kediri berharap adanya perhatian yaitu akses terhadap penyandang disabilitas agar bisa ikut terlibat di sektor tenaga kerja, direkrut sebagai tenaga terampil baik di pemerintahan maupun swasta.

Kemudian dapat mengikuti pelatihan-pelatihan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), disisi kesehatan yakni tersedianya kemudahaan komunikasi atas layanan di rumah sakit khususnya bagi disabilitas tuli.

Sebab komunikasi yang terjadi antara pasien tuli dengan dokter di rumah sakit di Kabupaten Kediri masih dalam bentuk tulis.

Merespon hal tersebut, Mas Dhito mengungkapkan, “Segala sektor industri maupun pemerintahan yang ada di Kediri saya harap harus ada perwakilan dari teman-teman Gerkatin.”

“Saya ingin ada keterlibatan dari teman-teman Gerkatin di setiap event-event yang ada di Kabupaten Kediri,” urainya usai melihat produk-produk yang dihasilkan Gerkatin Kabupaten Kediri.

“Punya produk-produk yang sangat membanggakan dan ini memiliki daya jual yang cukup tinggi, jadi nanti dari pihak pemerintah kabupaten (pemkab) akan memaksimalkan UMKM dan keahlian-keahlian dari teman-teman Gerkatin,” lanjutnya.

Mas Dhito menjelaskan, “Kesetaraan antara Gerkatin dengan seluruh elemen yang ada di masyarakat itu nanti saya jamin akan ada kesetaraan, baik di sektor keterlibatan dalam pekerjaan maupun pembinaan dalam UMKM.”

Mengenai komunikasi di sektor kesehatan, “Nanti akan kita lakukan transfer of knowledge atau transfer pengetahuan terkait bahasa isyarat tersebut,” tutur Mas Dhito.

Menurut Mas Dhito, pemerintah kabupaten sendiri juga harus belajar bahasa bisindo supaya kalau ada keterlibatan Gerkatin tidak perlu lagi menjelaskan dua kali.

“Tadi ada permintaan dari teman-teman Gerkatin bahwa keterlibatan teman-teman dari disabilitas di dalam pemerintahan itu minimal harusnya ada 2%, nanti mungkin ini kita akan siasati bersama bagaimana nanti untuk dari pihak pemkab juga mempelajari bahasa isyarat supaya bisa berkomunikasi dengan teman-teman Gerkatin dalam hal ini,” imbuh Mas Dhito. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment