Search

Peran Strategis Pejabat Pemerintahan Kelurahan Kota Kediri Sebagai Pamong Masyarakat

Peran Strategis Pejabat Pemerintahan Kelurahan Kota Kediri Sebagai Pamong Masyarakat

Paulus Luhur Budi Prasetya, Kepala Bagian Pemerintahan, Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri. Foto : Dokumentasi Bagian Pemerintahan Kota Kediri

“Seorang Kasi Pemerintahan dan Pelayanan umum di kelurahan bukan hanya pejabat administrasi saja, namun dipundaknya juga dibebankan amanah untuk berperan dan berfungsi sebagai Pamong yang merupakan orang yang di tuakan di kelurahan serta dianggap bisa menjadi “Bapak” bagi masyarakat di kelurahannya,” kata Paulus.

“Dalam tugasnya sebagai perangkat atau pamong maka mereka berperan besar menjadi kepanjangan tangan pemerintah terhadap akses pelayanan ke masyarakat,” lanjutnya, demikian dikabarkan Senin (28/9/2020).

Hal itu juga disampaikan saat Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Kediri dalam rangka peningkatan kinerja kepada pejabat Kasi (Kepala Seksi) Pemerintahan di 46 kelurahan di Kota Kediri pada pekan kemarin.

Paulus mengungkapkan, dalam pembinaan tersebut ditekankan agar pejabat seksi pemerintahan di kelurahan tidak melupakan fungsinya memberikan pengayoman kepada masyarakat menjadi seorang pamong terkait pelayanan.

“Memang jenjang karier pejabat di kelurahan di wilayah perkotaan berbeda dengan perdesaan, namun kondisi tersebut bukan halangan bagi pejabat bersangkutan untuk mengenali lingkungan kerjanya yakni kultur masyarakat setempat,” ungkapnya

Paulus mengatakan, pejabat bersangkutan harus mengetahui histori termasuk perkembangan yang terjadi di wilayah setempat, membangun dan menjalin komunikasi dengan masyarakat secara berkelanjutan.

“Diharapkan dari hubungan tersebut timbul kedekatan sehingga masyarakat lebih leluasa menyampaikan kebutuhannya sekaligus apa yang menjadi perhatian bagi perkembangan lingkungannya,” urainya

“Dari situ tentunya masukan atau aspirasi maupun keinginan masyarakat juga lebih mudah diketahui sehingga dapat terjadi singkronisasi perencanaan pembangunan yang ada di Pemkot Kediri untuk perkembangan di Kota Kediri secara umum,” sambung Paulus.

Selain itu, Paulus menambahkan agar para pejabat teknis di masing-masing kelurahan segera mempersiapkan diri menyusul bakal terbitnya Standart Operasional Prosedur (SOP) yang baru tentang pelayanan. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment