Search

Puluhan Petani Daerah Irigasi Kromasan Kabupaten Kediri Praktek Tanam Padi 4 Metode (adv)

Puluhan Petani Daerah Irigasi Kromasan Kabupaten Kediri Praktek Tanam Padi 4 Metode (adv)

Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dipertabun) Kabupaten Kediri kembali menggelar Sekolah Lapang Pertanian (SLP), kali ini berlangsung di Desa Bendosari, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri, demikian dikabarkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kediri, Rabu (16/9/2020). Foto : Kominfo Kabupaten Kediri

Peserta SLP kali ini sejumlah 25 petani, mereka tergabung dalam Daerah Irigasi (DI) Kromasan yang berasal dari tiga wilayah kecamatan. Masing-masing, Kecamatan Ngadiluwih, Kecamatan Kras dan Kecamatan Ringinrejo.

Mohammad Imam Nawawi, selaku petugas staff Lapang Program Integrated Participatory Development and Management Irrigation Program (IPDMIP) Dipertabun Kabupaten Kediri DI Kromasan mengatakan, SLP di DI Kromasan ini sudah berjalan dalam enam kali pertemuan. Sementara hari ini memasuki materi praktek tanam padi.

“Hari ini materinya penanaman di lahan dengan empat metode. Antara lain, S-R-I, Haston, Jarwo 41, dan Tegel,” ujar Imam Nawawi.

Empat metode tanam padi yang dipraktekkan tersebut, SRI (sistem rice intensification) prinsipnya pindah tanam umur muda, Haston (tanam jumlah banyak -ombol- 20-30 batang perumput), Jarwo 41 (menyisakan empat baris) dan Tegel (sistem pertanian biasa 20×20 centimer jarak tanam).

Masih kata Imam, praktek tanam tersebut bertujuan untuk membedakan empat metode itu secara kelebihan dan kekurangannya. Peserta dituntut untuk mengamati langsung sepanjang masa budidaya hingga panen nantinya.

“Tujuannya agar mereka bisa membedakan metode itu, yang bagus ditanam disini apa. Kita praktek dengan petani. Kita ikut mengamati mana yang terbaik,” imbuh Imam.

Untuk diketahui, peserta SLP sebanyak 25 orang petani terbagi dalam empat kelompok. Dalam setiap kali pertemuan, peserta mendapatkan materi pembelajaran, praktek, pengamatan dan dituntut untuk mendiskusikan hasilnya.

Sementara itu, dalam pelaksanaan SLP selalu memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, diantaranya memakai masker dan menjaga jarak. (Kominfo Kabupaten Kediri) (A Rudy Hertanto) (Advertorial)

INDEX

Leave a Comment