Search

Pilbup Kediri 2020 : Sempat Ada Bapaslon Hadir Namun Gagal Mendaftar di Batas Akhir Perpanjangan Pendaftaran

Pilbup Kediri 2020 : Sempat Ada Bapaslon Hadir Namun Gagal Mendaftar di Batas Akhir Perpanjangan Pendaftaran

Masa perpanjangan pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020 berlangsung 11-13 September 2020 secara resmi ditutup KPU Kabupaten Kediri, Minggu (13/9/2020) tepat pukul 24.00 WIB, tampak personil kepolisian melakukan pengamanan di pintu masuk Kantor KPU Kabupaten Kediri. Foto : A Rudy Hertanto

Anwar Ansori Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kediri menyatakan, “Pada hari ini Senin tanggal 14 September 2020, KPU Kabupaten Kediri telah selesai pleno untuk menutup perpanjangan pendaftaran.” Senin (14/9/2020) dinihari.

“Bahwa setelah selesai jam 24.00 kami tutup dan kami lanjutkan untuk pleno dan hasil pleno bahwa selama perpanjangan tidak ada yang mendaftarkan,” sambung Anwar dihadapan para jurnalis di depan Kantor KPU Kabupaten Kediri di Jalan Pamenang, Katang, Sukorejo, Kecamatan Ngasem, Kediri.

Lebih lanjut Anwar menjelaskan, “Jadi perlu diketahui, tadi sudah sempat hadir ya bakal pasangan calon yang kemudian untuk didaftarkan namun yang mendaftarkan belum hadir dan kita tunggu sampai jam 24.00 belum datang.”

“Maka sesuai dengan tahapan yang kami sampaikan bahwa tanggal 13 September jam 24.00 maka berikutnya kami dalam pleno jam 00.01 kami nyatakan ditutup dan tidak ada bakal pasangan calon yang mendaftar,” urai Anwar.

Setelah perpanjangan pendaftaran resmi ditutup, KPU Kabupaten Kediri akan melanjutkan ke tahapan berikutnya, “Kita besok lanjut untuk tahapan berikutnya, pemeriksaan kesehatan yang nanti akan dilakukan di rumah sakit Saiful Anwar sudah dijadwalkan tanggal 15 dan 16, besok hari Selasa dan Rabu,” kata Anwar.

“Perlu diketahui pemeriksaan kita lanjutkan sesuai tahapan dimulai tanggal 14 sampai 17 namun jadwal sudah ditentukan oleh Saiful Anwar tanggal 15 dan 16,” imbuhnya.

Seperti disampaikan Anwar, “Masih ada tahapan untuk selanjutnya setelah hasil pemeriksaan kesehatan hasilnya bagaimana, kemudian kita juga ada tahapan verifikasi syarat calon maka setelah tahapan ini kita lalui dan di situ memenuhi syarat ya, maka nanti KPU Kabupaten Kediri tanggal 23 September akan melakukan penetapan pasangan calon yang telah memenuhi syarat.”

“Kemudian KPU Kabupaten Kediri menetapkan pemilihan dengan satu pasangan calon itu tanggal 23 kemudian nanti akan kita lanjutkan pengundian tata letak di tanggal 24,” paparnya.

Ketika disinggung kedatangan bapaslon menjelang batas akhir perpanjangan pendaftaran, Anwar mengungkapkan, “Ya karena syarat mutlak ketika pendaftaran kita terima, maka yang didaftarkan yang dan yang mendaftarkan ini wajib hadir, sedangkan tadi yang didaftarkan sudah hadir ketika kita minta kedatangannya yang mendaftarkan belum ada.”

“Oleh karena itu tidak memenuhi syarat untuk kemudian kita terima pendaftarannya mengisi di registrasi pendaftaran,” jelasnya.

Menurut Anwar berkaitan mekanisme pendaftaran, sebelumnya KPU Kabupaten Kediri sudah berkomunikasi dengan pihak LO bapaslon bersangkutan.

“LO intens sejak pembukaan pertama ya tanggal 11 sudah komunikasi konsultasi tapi belum bawa berkas kemudian di tanggal 12 (hari kedua) konsultasi lagi membawa persyaratan syarat calonnya di syarat calon pada waktu konsultasi itu kurang LHKPN dan keterangan pailit dari pengadilan niaga itu,” terangnya.

“Kemudian kami selalu komunikasi dengan LO, beberapa update info saya sampaikan, bahkan di detik-detik akhir pun terus saya pantau berkaitan dengan apa hal-hal yang harus dipenuhi ketika nanti kehadirannya di waktu penghujung ya sampai jam kemudian live streaming yang sudah kita siapkan,” lanjut Anwar.

“Kita sampaikan ke LO bahwa bisa mengikuti jam yang terus begitu mepet untuk batas akhir itu saya sampaikan dan LO menyadari itu juga dan apapun yang kita sampaikan dia memperhatikan apa yang saya sampaikan, namun yang terjadi pas tadi jam 24.00 belum ada parpol yang mendaftarkan hanya kehadiran yang didaftarkan itu artinya apa, perpanjangan kita tutup,” pungkasnya.

Berdasarkan data dari awal pendaftaran sampai perpanjangan pendaftaran ditutup, diketahui hanya terdapat satu bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Kediri yang mendaftar ke KPU Kabupaten Kediri yakni Hanindhito Himawan Pramana (akrab disapa Mas Dhito) dan Dewi Mariya Ulfa (akrab disapa Mbak Dewi) pada tanggal pendaftaran, 4 September 2020 dengan status pendaftaran diterima.

Bapaslon Mas Dhito dan Mbak Dewi diusung sembilan partai politik (parpol) diantaranya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerindra, Partai NasDem, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Perlu diketahui Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri rencananya akan diselenggarakan pada Rabu (9/12/2020). (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment