Search

Pilbup Kediri 2020 : Hari Ini Pendaftaran Bapaslon Mulai Dibuka, Terapkan Protokol Kesehatan Ada Pembatasan Akses

Pilbup Kediri 2020 : Hari Ini Pendaftaran Bapaslon Mulai Dibuka, Terapkan Protokol Kesehatan Ada Pembatasan Akses

KPU Kabupaten Kediri gelar rakor penerimaan pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020 bersama media, Kamis (3/9/2020) malam. Foto : A Rudy Hertanto

Berbagai persiapan terus dilakukan KPU Kabupaten Kediri mendekati pelaksanaan tahapan pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020 pada 4 sampai 6 September 2020.

Seperti telah diumumkan sebelumnya, tahapan tersebut akan berlangsung di balai pertemuan Bhagawanta Bhari berada tepat di depan area Kantor KPU Kabupaten Kediri di jalan Pamenang, Katang, Sukorejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri.

Tanggal 4 dan 5 September 2020 dilakukan mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, sedangkan di tanggal 6 September 2020 dilakukan pukul 08.00 sampai 24.00 WIB.

Kamis (3/9/2020) malam, Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi dalam rakor (rapat koordinasi) bersama media pada pokoknya menerangkan, mengingat situasi pandemi covid-19 sekarang ini, maka proses pendaftaran bapaslon menerapkan protokol kesehatan.

Sehingga ada pengaturan pembatasan akses, tujuan utamanya untuk menghindari kerumunan, penegakan physical distancing (jaga jarak), hal ini juga berlaku terhadap rekan-rekan media yang melakukan liputan.

Selain telah menggelar simulasi, beberapa pihak terkait diantaranya Gugus Tugas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, Polres Kediri dan lainnya juga telah memberikan masukan dan arahan penerapan protokol kesehatan.

Berdasarkan informasi dihimpun, bapaslon beserta partai pengusungnya akan hadir mendaftar di Bhagawantara Bhari pada Jumat (4/9/2020) sekitar pukul 13.00 WIB.

Anwar Ansori Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kediri menambahkan, dalam simulasi penerimaan pendaftaran yang dilakukan KPU Kabupaten Kediri.

Protokol kesehatan akan langsung dilakukan sejak kedatangan hingga akhir, baik mulai pintu masuk kemudian keadaan di dalam gedung dan pintu keluar di samping kiri dan kanan gedung.

Meliputi pemeriksaan suhu tubuh, penggunaan masker, cuci tangan pake sabun maupun hand sanitizer, jaga jarak, sterilisasi berkas atau dokumen dengan disemprot desinfektan hingga jumlah maksimal orang yang berada di dalam gedung.

Mengenai peliputan, akan ada pembatasan jumlah rekan media yang masuk ke dalam gedung, masing-masing rekan media yang meliput diharapkan bisa saling bergantian terutama saat pengambilan foto.

Perlu diketahui, Pilbup atau Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri akan diselenggarakan Rabu (9/12/2020) mendatang. (A Rudy Hertanto)

INDEX