Search

Pilbup Kediri 2020 : Calon Tunggal, Akankah PPP Abstain?

Pilbup Kediri 2020 : Calon Tunggal, Akankah PPP Abstain?

Taufik Chavifudin Ketua DPC PPP Kabupaten Kediri. Foto : A Rudy Hertanto

Menanggapi perkembangan situasi politik akhir-akhir ini menyongsong kontestasi Pemilihan Bupati (Pilbup) dan Wakil Bupati Kediri 2020, rencananya digelar pada 9 Desember mendatang.

Seperti diketahui bersama, sejumlah partai politik telah menerbitkan surat keputusan rekomendasi kepada pasangan bakal calon Bupati Kediri (bacabup) Hanindhito Himawan Pramono (Mas Dhito) dan bakal calon Wakil Bupati Kediri (bacawabup) Dewi Mariya Ulfa (Mbak Dewi).

Taufik Chavifudin Ketua DPC PPP Kabupaten Kediri menyatakan, sejauh ini keputusan dari DPP PPP terkait rekomendasi atau dukungan diberikan kepada siapa bakal calon bupati (bacabup) masih belum turun.

“Rekom belum turun tapi juga kalau pun turun sudah ndak berpengaruh apa-apa,” katanya, Senin (3/8/2020).

“Sebenarnya kan kami di jajaran PPP dari awal kan menyuarakan ke DPP agar sedapat mungkin bisa memunculkan calon alternatif, tidak terus kemudian masyarakat disuguhi calon tunggal,” lanjut Taufik.

“Tapi nampaknya aksi borong rekom ga bisa dibendung, karena kita juga sudah tidak bisa berbuat apa-apa dengan hanya bermodal 2 kursi,” urainya. Kemudian hanya menjadi penonton atau ikut gabung seperti apa pihaknya belum tau.

Meskipun demikian, Taufik berharap Pilbup Kediri 2020 tidak calon tunggal, namun melihat perkembangan terkini hal itu sepertinya tidak memungkinkan.

“Kita dari awal memang PPP tidak menghendaki kemudian menelan banyak anggaran terus kemudian hanya menampilkan satu calon tunggal lawan bumbung kosong ini kan tidak sehat untuk demokrasi,” jelasnya mengingat besaran anggaran pelaksanaan Pilbup Kediri 2020.

“Apalagi yang ditunggu mas yang tersisa hanya tiga partai itu pun di kalkulasi hanya berjumlah 6 (kursi) sementara yang 44 kursi dewan sudah diborong semua,” imbuh Taufik.

“Kalau misalkan boleh memilih ya mending abstain sebenarnya, cuma kita pun kan juga harus patuh dengan keputusan DPP kita,” pungkasnya. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment