Search

All Ready, Sebelas Kampung Tangguh Sektor Gampengrejo Kediri

All Ready, Sebelas Kampung Tangguh Sektor Gampengrejo Kediri

Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono bersama Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Kediri meresmikan terbentuknya Kampung Tangguh Semeru se Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri di Balai Desa Jongbiru, Rabu (29/7/2020). Foto : A Rudy Hertanto

Dalam kesempatan ini, AKBP Lukman bertemu dengan unsur Tiga Pilar se Kecamatan Gampengrejo mulai dari tingkat kecamatan yakni Camat, Kapolsek serta Danramil hingga desa meliputi Kepala Desa, Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), Babinsa (Bintara Pembina Desa), Puskesmas Gampeng.

“Dengan terbentuknya Kampung tangguh ini diharapkan tiap-tiap kampung ini memiliki kemandirian, kemandirian dalam menghadapi setiap ancaman dari luar termasuk juga ancaman wabah virus covid-19,” ungkap AKBP Lukman.

Dijelaskan AKBP Lukman, kemandirian tersebut mencakup bidang Sumber Daya Manusia (SDM) termasuk berbagai sarana dan prasarananya.

“Ketika situasi terburuk itu datang desa ini sudah siap sehingga tidak perlu mengharap bantuan dari desa tetangga, dari pemerintah di atasnya sehingga mereka lebih siap,” urainya

“Sehingga situasi terburuk pun semuanya bisa tertib bisa tenang menghadapi situasi ini,” sambung AKBP Lukman.

Lebih lanjut AKBP Lukman mengatakan, setiap Kampung Tangguh terdapat posko, ruang isolasi, dapur umum, tempat pemulasaran jenazah termasuk juga tim nya serta ketahanan pangan.

“Menyesuaikan dengan wilayahnya masing-masing, ada beberapa wilayah di situ ada ketahanan pangan berupa kolam ikan, ternak hewan produktif dan juga mungkin tanaman-tanaman produktif seperti sayur mayur ini semuanya ada di desa ini,” katanya.

Mengenai kesiapan Kampung Tangguh Semeru di Sektor Gampengrejo Kabupaten Kediri, Kapolsek Gampengrejo AKP Saiful Alam menerangkan, hingga kini seluruh desa di Gampengrejo sudah terbentuk Kampung Tangguh.

Data menyebutkan, Sektor Gampengrejo memiliki luas 16,76 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak sekitar 31.965 jiwa, totalnya ada sebelas desa, sementara jumlah positif covid (per 29/7/2020) 19 orang positif, 1 dirawat, 13 isolasi mandiri dan 5 orang telah dinyatakan sembuh.

AKP Saiful menambahkan, adanya Kampung Tangguh guna percepatan penanganan covid-19, mencegah penyebaran virus corona sekaligus penanganan warga yang positif covid-19 untuk mempercepat penyembuhan dan menciptakan kamtibmas yang kondusif. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment