Search

Mas Dhito Beber Sejumlah Program Andalan Jadikan Perdesaan Kabupaten Kediri Lebih Baik

Mas Dhito Beber Sejumlah Program Andalan Jadikan Perdesaan Kabupaten Kediri Lebih Baik

Hanindhito Himawan Pramono. Foto : Dokumentasi/A Rudy Hertanto

Hanindhito Himawan Pramono (akrab disapa Mas Dhito) Bakal Calon Bupati (bacabup) Kediri dari PDI Perjuangan mengungkapkan sejumlah program andalannya menuju kontestasi pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Kediri yang rencananya digelar pada 9 Desember 2020.

“Diantaranya adalah desa inovasi tani organik karena 80% masyarakat Kabupaten Kediri itu mata pencaharian adalah dari petani,” kata Mas Dhito saat ditemui di Desa Kalibelo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri, Senin (27/7/2020).

Lebih lanjut Mas Dhito mengatakan, program selanjutnya yakni desa inovasi teknologi yang juga berfungsi berkaitan untuk mengcover informasi dari luar supaya dapat masuk ke perdesaan Kabupaten Kediri.

Melihat spesifik beberapa kawasan desa di Kabupaten Kediri yang memiliki potensi sektor pariwisata, Mas Dhito juga menuturkan program dewi miliknya yang artinya desa wisata.

“Berikutnya itu adalah desa wisata yang disingkat dengan dewi, karena kebetulan wakil saya adalah Mbak Dewi jadi saya sebut dengan desa wisata,” jelasnya.

Mas Dhito memberikan gambaran, program Dewi sangat potensial diterapkan di wilayah Kabupaten Kediri seperti Mojo, Kandangan, Puncu maupun desa lainnya yang sangat mengena dijadikan destinasi wisata.

Mas Dhito menambahkan, ada juga program seribu legalitas umkm (usaha mikro kecil menengah, “Jadi saya membantu masyarakat untuk mengurus ijin umkm itu gratis satu hari jadi,” urainya.

“Sudah saya lakukan, sekarang sudah hampir sekitar seratusan lebih yang sudah masuk ke saya dan itu sudah saya selesaikan,” lanjutnya.

Sementara itu, Mas Dhito mengaku telah mendengar dan mengetahui apa yang menjadi keluhan alias curhat dari sejumlah kepala desa di Kabupaten Kediri.

“Terkait juklak (petunjuk pelaksanaan) dan juknis (petunjuk teknis) terkait anggaran desa terus tidak adanya mobil siaga untuk mengantar masyarakat ke puskesmas maupun ke rumah sakit rujukan,” imbuh Mas Dhito. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment