Search

Angin Kencang Melanda Kota Kediri, Masyarakat Dihimbau Mitigasi Mandiri

Angin Kencang Melanda Kota Kediri, Masyarakat Dihimbau Mitigasi Mandiri

Adi Sutrisno Kasi Pencegahan dan Kesiap Siagaan BPBD Kota Kediri. Foto : Dokumentasi/Istimewa

Menyikapi situasi angin kencang yang sekarang ini sedang terjadi di Kota Kediri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri menghimbau agar masyarakat melakukan mitigasi mandiri.

Adi Sutrisno Kasi Pencegahan dan Kesiap Siagaan BPBD Kota Kediri mengungkapkan, saat ini kecepatan angin mencapai 21km/jam dengan kelembapan di level 55-80, kondisi tersebut pertanda alias gejala memasuki perubahan iklim yakni musim pancaroba dari musim penghujan ke kemarau.

“Musim kemarau tahun ini sesuai info dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) adalah kemarau basah jadi masih ada hujan sesekali,” katanya, Sabtu (25/7/2020).

“Dimusim pancaroba biasanya terjadi angin kencang dipagi hingga siang bahkan malam hari,” sambungnya.

Lebin lanjut Adi menyampaikan, diharapkan agar masyarakat melakukan mitigasi mandiri dengan cara, memeriksa atau cek ketahanan atap rumah masing-masing, pohon disekitar rumah serta lingkungan.

“Apabila menemukan pohon yang kering dipinggir jalan atau baliho yang membahayakan agar segera melapor ke dinas terkait melalui Call Center Kota Kediri di nomor 08113787119,” urainya untuk meminimalisir kerawanan potensi bencana.

Adi menambahkan, selain meningkatkan kewaspadaan terhadap pergerakan cuaca dan kondisi alam, masyarakat jangan lengah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi virus corona (covid-19).

“Tetap jaga kesehatan karena tidak hanya virus Covid-19 yang berbahaya namun Virus TBC, HIV dan lain-lain juga berbahaya,” pungkasnya. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment