Search

Satlantas Polresta Kediri : Waspada Situasi Pandemi dan Antisipasi Balap Liar

Satlantas Polresta Kediri : Waspada Situasi Pandemi dan Antisipasi Balap Liar

Satlantas Polres Kediri Kota memberlakukan pembatasan akses melalui penerapan area physical distancing dengan menutup satu ruas Jalan A. Yani kawasan Stadion Brawijaya Kota Kediri, Sabtu (18/7/2020). Foto : A Rudy Hertanto

Penutupan dilakukan mulai sekitar pukul 22.00 WIB, kendaraan dari arah selatan menuju utara tak dapat melintas dan diarahkan ke barat ke Jalan PK Bangsa.

AKP Arpan Kasat Lantas Polres Kediri Kota mengatakan, penutupan jalan ini serupa dengan kegiatan physical distancing pada lokasi dan jam tertentu untuk menghindari terjadinya titik kumpul keramaian masyarakat dimasa pandemi virus corona alias covid-19.

“Malam ini kita menjadikan kegiatan protap atau kegiatan tetap setiap malam Minggu kita akan melaksanakan kegiatan physical distancing pada titik-titik yang berbeda dan waktu tentatif,” katanya.

Pelaksanaan physical distancing kali ini bersamaan dengan kegiatan antisipasi balap liar kendaraan bermotor roda dua di akhir pekan terutama di malam Minggu.

“Kegiatan kita laksanakan di jalan Ahmad Yani Kota Kediri khususnya kendaraan yang dari arah kabupaten maupun dari arah barat akan kita betul-betul sterilkan dari pelanggaran-pelanggaran yang kasat mata,” tutur AKP Arpan.

“Bagi pengendara roda dua yang secara transparan melanggar aturan lalu lintas baik terkait penggunaan helm maupun standarisasi kendaraannya itu sendiri harus betul-betul lengkap dan benar,” sambungnya.

AKP Arpan menerangkan, terhadap temuan adanya pelanggaran pihaknya akan menghentikan dan melakukan penindakan untuk meminimalisir kegiatan-kegiatan pemuda khususnya yang bergerak atau yang melintas di Kota Kediri.

“Baik itu masyarakat Kota Kediri itu sendiri maupun dari luar yang beraktifitas di jam-jam malam di Kota Kediri akan kami melakukan penindakan terutama yang melaksanakan kegiatan balap liar,” urainya.

Berdasarkan pantauan berlangsungnya penertiban tersebut, petugas bersiaga di area Hutan Kota tepatnya di trafic light Pos Simpang Tiga Water Torn menghentikan laju pengendara sepeda motor yang tak menggunakan helm dan kendaraannya tak sesuai standart dari arah utara ke selatan.

Mengetahui keberadaan petugas, beberapa pengendara sangat kuat diduga tak membawa kelengkapan surat kendaraan dan tak sesuai standart lebih memilih berhenti di kejauhan sebagian diantaranya nekat berbalik melawan arah, bahkan ada juga yang mencoba menggeber kencang motornya menghindari petugas.

Mereka yang akhirnya bisa diamankan, oleh petugas langsung diberikan penindakan, “Pastinya motor kami amankan dan akan kami lakukan penindakan dengan barang bukti motor itu sendiri, untuk pengambilan motornya itu sendiri nanti kami wajibkan untuk melakukan perubahan atau mengembalikan ke speknya yang standartnya seperti apa, yang normalnya seperti apa harus dikembalikan normal,” tegas AKP Arpan terkait penindakan kendaraan tak sesuai standart.

Hasil sementara sejumlah kendaraan bermotor roda dua berhasil diamankan, “Sementara kendaraan sampai saat ini sekitar tiga puluhan dan kegiatan ini akan berlanjut sampai jam 3 pagi,” pungkas AKP Arpan menjelang dini hari disela berlangsungnya kegiatan. (A Rudy Hertanto)

—— —— ——

Ralat Redaksi, Minggu (19/7/2020) : Seperti diberitakan sebelumnya dalam naskah tertulis “Iptu Arpan Kasat Lantas Polres Kediri Kota.”

Seharusnya kalimat tersebut yang benar ditulis, “AKP Arpan Kasat Lantas Polres Kediri Kota.”

Atas kesalahan ini, kami atas nama Redaksi Mohon maaf sebesar-besarnya kepada pihak yang bersangkutan dan demikian ralat ini untuk menjadi perhatian semua pihak. Terima kasih.

INDEX

Leave a Comment