Search

Satu Pedagang Positif Covid-19, Pasar Pahing Kota Kediri Tutup Tiga Hari

Satu Pedagang Positif Covid-19, Pasar Pahing Kota Kediri Tutup Tiga Hari

Soewardi Koordinator Pasar Pahing Kota Kediri menunjukkan lapak pedagang yang dinyatakan positif swab test covid-19, Kamis (9/7/2020). Foto : A Rudy Hertanto

Merespon adanya salah satu pedagang Pasar Pahing Kota Kediri yang dinyatakan positif swab test covid-19, Perusahaan Daerah (PD) Pasar Joyoboyo Kota Kediri memutuskan menutup sementara Pasar Pahing selama tiga hari terhitung mulai Jumat (10/7/2020) – Minggu (12/7/2020).

Soewardi Koordinator Pasar Pahing Kota Kediri membenarkan hal tersebut, penutupan dilakukan guna tindakan sterilisasi sesuai protokol pencegahan covid-19, rencananya pasar akan beroperasi kembali pada Senin (13/7/2020).

“Menghindari penularan, memutus mata rantai covid itu makanya dari pemerintah dan pimpinan PD Pasar mengambil tindakan sementara menutup pasar ini selama tiga hari, jadi besok sampai hari Minggu,” katanya, Kamis (9/7/2020).

Pihak berwenang pun juga telah melakukan rapid test kepada sekitar 60 pedagang Pasar Pahing yang berdekatan dalam radius 5-10 meter dan sekitarnya dari lokasi usaha pedagang yang positif.

“Tadi sempat diadakan rapid test dari pagi tadi dari jam 9, terutama pedagang yang berdekatan dengan pasien (tempat usaha yang bersangkutan di Pasar Pahing),” lanjutnya.

Soewardi pada pokoknya menerangkan, pedagang yang dinyatakan positif itu berinisial DM (68) beralamat di wilayah Kelurahan Singonegaran Kecamatan Pesantren Kota Kediri.

Dalam aktifitas kesehariannya di Pasar Pahing, DM adalah seorang penjahit di area lapak sebelah utara barat, bekerja mulai sekira pukul 08.00-11.00 WIB.

Seminggu atau sepuluh hari terakhir DM tak datang ke Pasar Pahing untuk membuka lapaknya seperti biasa, kabarnya DM sedang sakit hingga akhirnya diperoleh informasi DM dinyatakan swap test positif covid-19.

Seperti dikatakan Soewardi, DM juga merawat orang tuanya yang berada di wilayah Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri, kuat diduga DM besar kemungkinan tak tertular di Pasar Pahing tapi di tempat lain.

Mengenai himbauan protokol kesehatan, Soewardi mengaku secara nyata telah mensosialisasikannya baik ke para pedagang maupun pengunjung pasar yaitu pakai masker dan jaga jarak, sejumlah tempat cuci tangan termasuk himbauan juga tersedia di beberapa titik strategis di area Pasar Pahing.

Soewardi menjelaskan, ada seribu lebih pedagang yang terdaftar di Pasar Pahing, tapi yang aktif berada dikisaran angka 50-60 persen, dimana diantaranya beroperasional setengah hari (pagi-sore).

Sementara, mengenai hasil rapid test terhadap pedagang, nanti akan diinfokan lebih lanjut namun Soewardi optimis memberikan gambaran hasilnya negatif (non-reaktif). (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment