Search

Drive Thru Screening Rapid Test Polres Kediri Kota

Drive Thru Screening Rapid Test Polres Kediri Kota

Hari Bhayangkara ke 74, Polres Kediri Kota kembali memberikan pemeriksaan kesehatan gratis yakni screening (pemeriksaan awal) pengambilan sample darah atau lebih dikenal rapid test secara drive thru, Rabu (24/6/2020) pagi. Foto : A Rudy Hertanto

Kegiatan berlangsung di Mako Polres Kediri Kota di jalan KDP Slamet di wilayah Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, pengendara bermotor roda dua dan empat yang melintas di depan diarahkan memasuki area Mako.

Pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermal gun dan pendataan berdasarkan KTP wajib dilalui hingga akhirnya pengambilan sample darah alias rapid dilakukan oleh petugas medis di lokasi.

Langkah ini ditempuh untuk tindakan pencegahan penyebaran virus corona (covid-19), Kapolres Kediri Kota AKBP Miko Indrayana mengatakan, pada kesempatan ini pihaknya bekerjasama dengan RS Bhayangkara Kediri.

Kepala RS Bhayangkara Kediri Kombes Pol Dr. Aris Budiyanto turut memantau berlangsungnya kegiatan, rapid test juga digelar di Ruang Rupatama Polres Kediri Kota yang diikuti anggota Polres Kediri Kota, Jurnalis dan masyarakat umum.

Seperti disampaikan AKBP Miko, pelaksanaan kegiatan ini diberikan kepada warga masyarakat yang memiliki resiko dan interaksinya cukup tinggi atau berada pada zona-zona yang cukup rawan.

Selain itu juga kepada beberapa pengasuh pondok pesantren (ponpes) di Kota Kediri, dimana diketahui bersama saat ini beberapa ponpes telah ada yang melakukan isolasi mandiri.

Berdasarkan pemeriksaan medis, hasil rapid test secara keseluruhan dinyatakan “non reaktif”.

Rapid test yakni pengambilan sample darah ini bertujuan untuk deteksi dini mengantisipasi penyebaran virus corona (covid-19), hasilnya hanya “reaktif” atau “non reaktif”.

Apabila reaktif belum bisa dikatakan positif terpapar covid-19 dan hal tersebut sebagai dasar untuk dilakukan test lanjutan yaitu swab test dan isolasi mandiri. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment