Search

Pengamanan Bersama Polres Kediri Kota dan Kodim 0809 Kediri Sambut Kedatangan Ribuan Santri Ponpes Lirboyo

Pengamanan Bersama Polres Kediri Kota dan Kodim 0809 Kediri Sambut Kedatangan Ribuan Santri Ponpes Lirboyo

Penerapan protokol kesehatan masa pandemi covid-19 berlaku cukup ketat menyambut kedatangan ribuan santri di Pondok Pesantren Lirboyo. Foto : A Rudy Hertanto

Kapolres Kediri Kota AKBP. Miko Indrayana mengatakan, Polres Kediri Kota bersama dengan Kodim 0809 Kediri memberikan bantuan pengamanan terkait kembalinya ribuan santri ke Pesantren Tangguh Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo di wilayah Kecamatan Mojoroto Kota Kediri yang dilakukan secara bertahap, Sabtu (20/6/2020).

“Kemarin hasil informasi dari Pondok Pesantren Lirboyo untuk kali ini hari Sabtu dan hari Minggu direncanakan ada sekitar 2500 santri yang akan melaksanakan kegiatan isolasi terlebih dahulu,” katanya saat ditemui disela pemantauan kedatangan santri di Ponpes Lirboyo.

“Artinya kegiatan belajar mengajar di pondok ini belum dimulai namun demikian dari santri sejumlah 2500 akan dilaksanakan isolasi sambil dilaksanakan observasi kesehatan baik dari Rumah Sakit Lirboyo kemudian Rumah Sakit Bhayangkara Kediri maupun dari Urkes (urusan kesehatan) Kodim dan Urkes Polres,” urai AKBP. Miko.

Ketika nanti dua minggu ini sudah dinyatakan sehat dan telah dilaksanakan observasi sehat tentunya 2500 santri ini akan melaksanakan kegiatan belajar mengajar di Pondok Pesantren Lirboyo.

“Ini berarti sekitar 10% dari jumlah santri yang ada di Lirboyo, total santri ada sekitar 28 ribu, hingga saat ini akan kita persiapkan terlebih dahulu secara bertahap 2500 santri, sambil menunggu perkembangan kesehatan daripada santri yang melaksanakan kegiatan isolasi,” lanjut AKBP. Miko.

Seperti diungkapkan AKBP. Miko, sebanyak sekitar 120 personil Polres Kediri Kota diterjunkan dalam pengamanan ini yang nantinya juga akan bergerak melakukan pengamanan terhadap ponpes lainnya yang ada di Kota Kediri.

“Kegiatan pengamanan disini, kami juga membentuk posko keamanan disini terdiri dari Kodim (0809 Kediri) dan Polres (Kediri Kota),” imbuhnya.

Komandan Kodim 0809 Kediri, Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno menjelaskan, bantuan TNI maupun Polri ini merupakan bantuan bagian dari gugus tugas sehingga pengawalannya tentu bersama-sama mulai dari awal sampai situasi dapat dikendalikan.

“Karena wilayah kita ini masih wilayah orange, namun dengan adanya SOP (Standart Operasional Prosedur) yang ketat dan kita kawal bersama-sama, mudah-mudahan tidak ada masalah,” ungkapnya.

Disisi perkuatan, Letkol Kav Agung menjelaskan, pihaknya mengerahkan pasukan bukan hanya dari Koramil Mojoroto tapi juga perkuatan dari Kodim, termasuk fasilitas-fasilitas yang ada dikerahkan seperti penyemprotan dan lain sebagainya.

“Tentunya bersama teman-teman dari kepolisian dan gugus tugas kota sudah kita lakukan, jadi bersama-sama kita kawal terus pelaksanaannya,” jelas Letkol Kav Agung. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment