Search

Pilbup Kediri 2020 : Menanti Rekom PDI Perjuangan di Akhir Juni

Pilbup Kediri 2020 : Menanti Rekom PDI Perjuangan di Akhir Juni

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri Dodi Purwanto. Foto : A Rudy Hertanto

Menanggapi santernya informasi yang belum lama ini beredar terkait adanya surat rekomendasi kepada Hanindhito Himawan Pramana (Mas Dhito) sebagai bakal calon bupati (bacabup).

Berpasangan dengan bakal calon wakil bupati (bacawabup) seorang perempuan ketua salah satu organisasi di Kediri, menyongsong kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kediri 2020.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri Dodi Purwanto mengatakan, hingga sekarang pihaknya masih belum menerima surat dari DPP PDI Perjuangan tentang rekomendasi (rekom) Mas Dhito sebagai bacabup, sebab rekom tersebut belum turun, Rabu (17/6/2020).

Seperti diketahui, nama Hanindhito Himawan Pramana ramai diperbincangkan di berbagai kalangan masyarakat sebagai Bacabup Kediri dari PDI Perjuangan.

Sejauh ini Dodi mengaku komunikasi yang terjalin dengan partai lainnya berjalan cukup baik, “Komunikasi kita dengan partai-partai lain kan tetep harus kita jaga, kita jalin terus karena berharap ada komitmen bersama,” katanya.

Ketika disinggung adanya potensi penolakan oleh sejumlah elemen masyarakat jika nantinya hanya muncul calon tunggal di Pemilihan Bupati (Pilbup) Kediri 2020, menurut Dodi hal itu merupakan dinamika politik.

“Kita adalah memakai hukum positif, jadi aturan Undang-undang pemilu maupun PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum) ya kita jalani bersama, tahapan pemilu ya kita jalani taati bersama. Tapi saya rasa sah-sah, kalau ada pro dan kontra itu hal yang wajar,” ungkapnya.

Dodi sendiri tak bisa memastikan kapan rekom dari DPP PDI Perjuangan sampai di Kediri, “Saya tidak berani memastikan bahwa itu kewenangannya hak prerogatifnya DPP PDI Perjuangan,” tuturnya sambil berharap akhir bulan Juni ini sekiranya sudah bisa turun rekomnya.

Sementara itu, Supaat Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri mengungkapkan, perihal rekomendasi siapa bacabup sampai kini belum dibicarakan di tingkat PAC.

Seperti dikatakan Supaat, perkembangan suara siapa bacabup di tingkat PAC Kecamatan Kunjang terkini masih Mas Dhito, belum fixed belum ada rekom, kepastiannya tetap menunggu rekom.

“Apapun yang direkom oleh ketua umum kita ya harus kita dukung itu, kita tegak lurus sebagai pengurus partai, apapun yang di rekom oleh Bu Mega ya harus kita dukung,” tegas Supaat.

“Masalah pilkada itu kan penjaringan juga, siapa yang daftar di apa DPC, DPP, DPD itu nanti sepenuhnya hak dari DPP yang menentukan,” pungkasnya. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment