Search

Gampengrejo Kediri Lakukan Medical Screening Covid-19

Gampengrejo Kediri Lakukan Medical Screening Covid-19

Kapolsek Gampengrejo AKP. Saiful Alam (kanan) saat menjalani rapid tes di Balai Desa Gampeng Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri, Kamis (11/6/2020). Foto : A Rudy Hertanto

Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan) Gampengrejo Kabupaten Kediri mengikuti pemeriksaan medis pengambilan sample darah “rapid test” untuk mengantisipasi penyebaran dan memutus mata rantai wabah virus corona (covid-19), Kamis (11/6/2020).

Ada sekitar 30 orang terdiri pimpinan beserta jajaran pemerintah kecamatan, koramil dan polsek termasuk perangkat desa setempat, diambil sample darahnya secara bergiliran oleh petugas medis berpakaian Alat Pelindung Diri (APD).

Pelaksanaan rapid test dilakukan di Balai Desa Gampeng Kecamatan Gampengrejo oleh Puskesmas Gampeng, Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dengan memperhatikan protokol kesehatan covid-19.

Kepala Puskesmas Gampeng dr. Heri Hartono mengungkapkan, langkah ini tindak lanjut banyaknya kejadian dalam perkembangan situasi pandemi covid-19 khususnya kepada mereka yang sering kontak atau berhadapan langsung dengan masyarakat.

Dokter Heri menjelaskan, pemeriksaan tersebut dilakukan terutama terhadap Muspika beserta perangkat desa, dimana kesehariannya sering kontak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita utamakan juga daerah yang terpapar banyak, ini kan Gampeng terpaparnya kemarin yang kita ada yang positif ada tiga,” urainya.

Menurut dr. Heri, butuh waktu sekitar 30 menit untuk mengetahui hasil pemeriksaan rapid tes tersebut, hasilnya nanti akan disampikan lebih lanjut.

Seperti dikatakan dr. Heri, perkembangan terkini covid-19 untuk wilayah Gampeng jumlah terkonfirmasi positif covid-19 ada empat orang, satu orang dinyatakan sembuh dan sudah pulang dari rumah sakit, tiga orang lainnya masih isolasi mandiri karena mereka OTG (Orang Tanpa Gejala).

Perlu diketahui, rapid test merupakan screening (pemeriksaan) awal, hasilnya hanya “reaktif” atau “non reaktif”, jadi apabila reaktif belum bisa dikatakan positif terpapar covid-19 dan hal tersebut sebagai dasar untuk dilakukan test lanjutan yaitu swab test. (A Rudy Hertanto)

INDEX