Search

Peringati Hari Lahir Pancasila, Kosti Kediri Salurkan Bantuan ke Penyandang Disabilitas Terdampak Covid-19

Peringati Hari Lahir Pancasila, Kosti Kediri Salurkan Bantuan ke Penyandang Disabilitas Terdampak Covid-19

Memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2020 di masa pandemi covid-19, Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Pengurus Kabupaten / Kota Kediri menggelar kegiatan bakti sosial kepada warga terdampak covid-19, Selasa (2/6/2020). Foto : Istimewa

Penyaluran bantuan dilakukan ke penyandang disabilitas yang berada dalam naungan Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri (PDKK) yang berkantor sekretariat di Dusun Budi Mulya Desa Branggahan Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri.

Ketua Kosti Pengurus Kabupaten / Kota Kediri, Muji Harjita mengatakan, bantuan berupa beras yang disalurkan kepada Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri tersebut adalah hasil “urunan” anggota Kosti Kediri sendiri.

“Sebenarnya beras akan disalurkan tanggal 1 Juni kemarin, tepat Peringatan Hari Lahir Pancasila. Karena ada sesuatu hal, maka penyaluran baru bisa dilakukan hari ini,” katanya ketika ditemui disela kegiatan, Selasa (2/6/2020).

“Sejak dibuka dompet peduli Kosti Kediri dua minggu lalu, sudah terkumpul uang Rp. 1,5 juta. Uang tersebut lalu dibelikan beras dan selanjutnya disalurkan kepada saudara kita penyandang disabilitas,” lanjut Muji.

Muji menuturkan, tahun-tahun sebelumnya Kosti Kediri dalam memperingati Hari Lahir Pancasila dilakukan dengan menggelar upacara bendera secara mandiri atau ikut bergabung di Situs nDalem Pojok, rumah masa kecil Bung Karno.

“Karena pandemi ini, maka peringatan Hari Lahir Pancasila diganti dengan menggelar bakti sosial berupa menyalurkan bantuan beras kepada saudara kita penyandang disabilitas,” urainya.

Muji menambahkan, meski bantuan sudah disalurkan, Dompet Kosti Kediri Peduli masih tetap dibuka. Siapapun baik anggota Kosti Kediri maupun para dermawan lainnya, boleh menyumbang, boleh uang atau barang berupa beras atau lainnya.

“Bantuan ini sangat kecil bila dibandingkan dengan jumlah saudara kita yang tergabung di PDKK yang berjumlah sekitar 200 orang. Tapi sumbangsih kami yang kecil ini, semoga bisa bermanfaat dan pandemi ini segera berakhir,” pungkasnya.

Ketua Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri (PDKK) Umi Salamah menyampaikan terima kasih atas bantuan ini kepada Kosti Kediri, “Harapan kami temen-temen tetap semangat, jaga kesehatan dan ini sangat bermanfaat bagi disabilitas terdampak covid-19,” ujarnya.

Seperti disampaikan Umi, selama masa pandemi kalangan disabilitas memang telah menerima bantuan dari pemerintah dan itu sangat bermanfaat untuk membantu mencukupi kebutuhan kesehariannya.

Di masa lebaran kemarin, aktifitas usaha disabilitas seperti produksi snack (makanan ringan) berjalan namun penjualannya sedikit dan banyak pengurangan.

“Jumlah disabilitas di Kabupaten Kediri ini kalau menurut data di Dinas Sosial itu ada empat ribu sekian, namun PDKK hanya mempunyai karena keterbatasan kami ya, kami mempunyai by name by address (nama dan alamat) itu sekitar dua ratusan, lha aktifis-aktifis disabilitas inilah yang ikut membantu temen-temen disabilitas Kabupaten Kediri ini untuk mendistribusikan bantuan-bantuan seperti ini,” jelas Umi. (A Rudy Hertanto)

INDEX