Search

Karo Log Polda Jatim Kombes Pol Pranyoto Cek Kesiapan Action Kampung Tangguh Wilkum Polres Kediri Kota

Karo Log Polda Jatim Kombes Pol Pranyoto Cek Kesiapan Action Kampung Tangguh Wilkum Polres Kediri Kota

Kepala Biro Logistik (Karo Log) Polda Jatim (Jawa Timur) Kombes Pol Pranyoto melakukan peninjauan dan penyerahan bantuan ke Kampung Tangguh Semeru (SEhat-aMAn-tErtib-RUkun) dalam rangka percepatan penanganan pandemi covid-19 di wilayah hukum Polres Kediri Kota, Sabtu (30/5/2020). Foto : A Rudy Hertanto

Kombes Pol Pranyoto beserta rombongan dengan didampingi Kapolres Kediri Kota AKBP. Miko Indrayana meninjau dua lokasi Kampung Tangguh yakni di Desa Wonoasri Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri dan di Kelurahan Betet Kecamatan Pesantren Kota Kediri.

Dalam kesempatan tersebut, Kombes Pol Pranyoto mengecek kesiapan Posko Kampung Tangguh seperti pintu masuk atau gapura dengan strerilisasi, ruang observasi dan isolasi, kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD), lumbung logistik termasuk kebun lahan tanaman sayur serta kolam ternak ikan, alat pemakaman yakni keranda mayat dan sebagainya.

Kombes Pol Pranyoto mengatakan, pihaknya ingin melihat action keberadaan Kampung Tangguh, dari paparan relawan memberikan gambaran dengan adanya Kampung Tangguh kesiapan warga sudah cukup siap dan baik dalam penanganan covid-19, dari sisi logistik, keamanan lingkungan hingga tindakan apabila ada warga yang meninggal.

“Saya sangat-sangat terima kasih kepada tokoh-tokoh masyarakat, kepala desa, rt dan rw, ternyata mereka sangat antusias dalam membentuk Kampung Tangguh ini bahkan mereka sudah siap dari mengedukasi masyarakat,” kata Kombes Pol Pranyoto.

“Bagaimana kalau ada pasien dan sampai kalau ada yang meninggal bahkan ketahanan pangan mereka sudah siap, dan ini mendorong dari masyarakat sekitar, untuk yang lainnya agar membentuk kampung-kampung tangguh,” sambungnya.

Seperti diungkapkan Kombes Pol Pranyoto, diharapkan ke depan untuk menjaga keamanan, ketertiban masyarakat akan semakin banyak terbentuk Kampung Tangguh didukung tenaga pelaksana yang terlatih dengan baik.

Bantuan yang diserahkan di dua Kampung Tangguh tersebut diantaranya, APD dilengkapi sepatu both, handsanitizer, masker, sarung tangan dan masker medis.

Kasubbag Humas Polres Kediri Kota AKP. Kamsudi menambahkan, saat ini di wilayah hukum Polres Kediri Kota sudah terbentuk delapan Kampung Tangguh.

Diantaranya, 1. Kel. Manisrenggo Kec. Kota Kediri, 2. Kel. Betet Kec. Pesantren Kota Kediri, 3. Kel. Mojoroto Kec. Mojoroto Kota Kediri, 4. Desa Ponggok Kec. Mojo Kabupaten Kediri.

5. Desa Kanyoran Kec. Semen Kabupaten Kediri, 6. Desa Parang Kec. Banyakan Kabupaten Kediri, 7. Desa Wonoasri Kec. Grogol Kabupaten Kediri dan 8. Desa Kerep Kec. Tarokan Kabupaten Kediri.

Kampung tangguh ini dimaksudkan untuk memberdayakan potensi yang ada disetiap desa tersebut untuk dapat melakukan kesiapan tindakan awal terkait dengan upaya untuk memberantas covid-19 termasuk tindakan awal apabila ditemukan orang atau warga yang terkonfirmasi positif sampai dengan pengurusan dan pemakaman jenazah. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment