Search

Bersama Melawan Covid-19 : Delapan Pilot Project Kampung Tangguh di Wilkum Polres Kediri Kota

Bersama Melawan Covid-19 : Delapan Pilot Project Kampung Tangguh di Wilkum Polres Kediri Kota

Polres Kediri Kota bersama dengan Pemerintah Kota Kediri dan Pemerintah Kabupaten Kediri serta Kodim 0809 Kediri telah melakukan pembentukan kampung tangguh, demikian dikabarkan Selasa (26/5/2020). Foto : Polres Kediri Kota

Kasubbag Humas Polres Kediri Kota AKP. Kamsudi mengatakan, kampung tangguh sebagai salah satu bentuk upaya melakukan pencegahan dini, memutus rantai penyebaran covid-19.

Adapun daerah yang menjadi pilot project atau percontohan di 8 kecamatan yang ada di wilayah hukum (wilkum) Polres Kediri Kota sebagai berikut,

1. Kel. Manisrenggo Kec. Kota Kediri, 2. Kel. Betet Kec. Pesantren Kota Kediri, 3. Kel. Mojoroto Kec. Mojoroto Kota Kediri, 4. Desa Ponggok Kec. Mojo Kabupaten Kediri.

5. Desa Kanyoran Kec. Semen Kabupaten Kediri, 6. Desa Parang Kec. Banyakan Kabupaten Kediri, 7. Desa Wonoasri Kec. Grogol Kabupaten Kediri dan 8. Desa Kerep Kec. Tarokan Kabupaten Kediri.

Kampung tangguh ini dimaksudkan untuk memberdayakan potensi yang ada disetiap desa tersebut untuk dapat melakukan kesiapan tindakan awal terkait dengan upaya untuk memberantas covid-19 termasuk tindakan awal apabila ditemukan orang atau warga yang terkonfirmasi positif sampai dengan pengurusan dan pemakaman jenazah.

Terdapat tiga hal yang menjadi prioritas dalam pembentukan kampung tangguh diantaranya, 1. Ketahanan pangan/ekonomi, 2. Ketahanan medis, 3. Ketahanan lingkungan (keamanan).

1. Ketahanan Pangan meliputi Ketersediaan sembako yang menjadi bahan pokok utama di kampung tangguh dilihat dari adanya lumbung padi dan suplay atau sumbangan dari masyarakat. Masyarakat mampu berbudi daya pangan.

2. Ketahanan Medis meliputi siapnya tenaga medis, peralatan medis dan obat-obatan terkait covid 19. Selain itu Kampung tangguh juga memiliki tempat isolasi dan observasi.

3. Ketahanan Lingkungan juga merupakan saah satu indikator penting untuk menunjang kampung tangguh. Sehingga dalam hal ini Polres Kediri Kota akan meningkatkan kegiatan poskamling masing-masing kampung tangguh, serta di buatnya SOP (Standart Operasional Prosedur) terkait keamanan kampung tangguh seperti SOP keluar Masuk Warga, Buku mutasi perjalanan warga, buku jaga dan buku tamu.

Program kegiatan dalam kampung tangguh, 1. unsur kesehatan meliputi, penerapan kawasan Physical distancing, pelatihan penanganan covid-19, pelatihan pemakaman.

2. Unsur Ekonomi, Lumbung pangan, Berbudidaya di pemukiman. 3. Unsur Kamtibmas, Siskamling, Community policing. 4. Unsur Psikologi, Konseling

5. Unsur Sosial Budaya, Hari bersedekah, Olah raga. 6. Unsur Informasi, Posko Covid-19. 7. Unsur Spiritual, Pembinaan Spiritual oleh Tokoh Agama.

Konsep dalam kampung tangguh ini adalah dimana masyarakat paham bagaimana mengantisipasi penyebaran covid-19 dengan protocol kesehatan yang telah ditetapkan atau yang telah dipersiapkan.

Dalam kampung tangguh ini aktifitas masyarakat dapat terekam atau terdata serta terpantau sehingga apabila ada warga yang terkonfirmasi positif dengan mudah akan diketahui warga tersebut tinggal dan kemana saja warga tersebut keluar maupun beraktifitas.

Hingga saat ini antusiasme warga terhadap pembentukan kampung tangguh ini cukup tinggi hal tersebut terlihat dari pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan oleh instruktur, warga dengan mudah untuk melaksanakan. Beberapa daerah yang belum dibentuk menyampaikan kepada petugas untuk dapat diberikan pelatihan serupa.

Pembentukan kampung tangguh ini masih banyak yang harus disempurnakan partisipasi aktif dari masyarakat sangat diperlukan dalam pelaksanaan kampung tangguh tersebut, koordinasi antar lembaga serta instansi terkait sangat diperlukan. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment