Search

dr. Fauzan Jubir GTPP Kota Kediri : Pahami Maksudnya, Protokol Kesehatan Covid-19 Bukan Sekedar Kata-kata Indah

➤ Informasi Pengunjung : 30
dr. Fauzan Jubir GTPP Kota Kediri : Pahami Maksudnya, Protokol Kesehatan Covid-19 Bukan Sekedar Kata-kata Indah

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kediri, dr. Fauzan Adima M.Kes saat memberikan keterangan kepada awak media, Selasa (19/5/2020). Foto : A Rudy Hertanto

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Kediri, dr. Fauzan Adima M.Kes mengingatkan, sebenarnya corona virus disease 2019 (covid-19) tidak bergerak, namun manusia yang membuatnya bergerak, sehingga si pembawa virus atau terjangkit (carrier) dapat menularkan ke lainnya.

“Berkali-kali kita jelaskan kalau virus ini kan tidak bergerak, yang bergerak itu manusianya, nah kalau banyak penularan berarti manusianya yang banyak bergerak itu,” katanya, Selasa (19/5/2020).

Akan semakin tragis jika di situasi pandemi sekarang ini, protokol kesehatan tidak diperhatikan secara disiplin, potensi penularan covid-19 bisa leluasa terjadi.

“Nah setelah itu, setelah manusia bergerak tidak ada protokol kesehatannya, misalnya pakai masker, jaga jarak kemudian cuci tangan, itu semua ada maksudnya, bukan hanya kata-kata puisi yang indah bukan,” tutur Fauzan yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri

Lebih lanjut Fauzan pada intinya mengatakan, anjuran untuk mencegah penularan covid-19 yakni memakai masker bertujuan supaya ketika berbicara tidak muncrat dan cipratannya (droplet) tak menempel ke obyek lain dan tidak menularkan.

Cuci tangan supaya kotoran maupun kemungkinan besar adanya virus yang menempel di tangan bisa mati atau hilang, kemudian jaga jarak secara teori sekitar 1 meter agar tidak sampai terkena cipratan ludah (lendir) ketika berbicara dengan lawan bicara. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment