Search

Persakmi Kota Kediri Blusukan Pasar Cegah Penyebaran Covid Songolas

➤ Informasi Pengunjung : 133
Persakmi Kota Kediri Blusukan Pasar Cegah Penyebaran Covid Songolas

Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Cabang Kota Kediri menggelar aksi peduli kemanusiaan mencegah penyebaran corona virus disease 2019 (covid-19), Rabu (13/5/2020). Foto : A Rudy Hertanto

Pada pelaksanaan aksi kali ini Persakmi bersama Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Kota Kediri mendatangi Pasar Bandar di wilayah Kecamatan Mojoroto Kota Kediri untuk membagikan paket berupa masker dan vitamin C secara gratis kepada para pedagang dan pengunjung pasar.

Sambil menggunakan pengeras suara, jalannya aksi juga diwarnai himbauan mengantisipasi penyebaran covid-19 sesuai anjuran dan protokol kesehatan pemerintah yakni jaga jarak (physical distancing) kurang lebih 1-2 meter, cuci tangan pakai sabun dan pakai masker saat beraktifitas di luar rumah.

Ketika membagikan paket masker dan vitamin C ke masing-masing kios atau lapak pedagang, tak jarang peserta aksi masih mendapati adanya orang yang tak memakai masker, “Lho kok ga pakai masker, ayo dipakai maskernya, jangan sampai pasarnya ditutup gara-gara kena corona,” kata seorang peserta aksi.

Diungkapkan Ketua Umum Persakmi Kota Kediri, Alfan Sugiyanto, “Langkah nyata melalui aksi peduli ini diharapkan bisa memberikan pemahaman ke masyarakat, pentingnya meningkatkan kesadaran pribadi untuk keselamatan bersama dimasa pandemi covid-19.”

“Pandangan kami, sekarang ini kondisi pasar memiliki potensi kerawanan terhadap penyebaran covid-19, tentunya karena interaksi dari aktifitas berdagang dan belanja masyarakatnya cukup tinggi setiap harinya,” sambung Alfan.

“Disela pemberlakuan pembatasan akses di waktu tertentu di beberapa titik di Kota Kediri, dihimbau agar masyarakat memperhatikan protokol kesehatan, sehingga penyebaran covid-19 bisa ditekan semaksimal mungkin,” urai Alfan menjelaskan mengenai #jagajarak #pakaimasker #cucitanganpakaisabun #dirumahsaja (tidak keluar rumah jika tak ada urusan bersifat urgent).

Ketua II Persakmi Kota Kediri, Abdul Faqih menambahkan, penggunaan masker kain yang benar yaitu maksimal dipakai selama 4 jam kemudian dicuci, setelah kering disetrika serta penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu rajin cuci tangan pakai air mengalir dengan sabun.

Dikatakan Abdul, total ada sekitar 550 paket masker dan vitamin C yang telah dibagikan, sebelumnya aksi serupa juga dilakukan di Pasar Hewan Banjaran di wilayah Kecamatan Kota Kediri kemarin pada Minggu (10/5/2020) pagi.

Persakmi Kota Kediri turut peduli kepada tenaga kesehatan dengan memberikan paket susu beer sebanyak 30 kaleng per puskesmas di 9 puskesmas di Kota Kediri dan tablet untuk vitamin penambah daya tahan tubuh petugas puskesmas. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment