Search

Kades Kalipang Grogol Kab Kediri Antonius : Pemudik dan Pendatang Harap Lapor RT atau Kasun!!!

Kades Kalipang Grogol Kab Kediri Antonius : Pemudik dan Pendatang Harap Lapor RT atau Kasun!!!

Setiap ada warga pemudik yang datang agar segera melaporkan diri ke pihak RT (Rukun Tetangga) atau ke kepala dusun (kasun), demikian pernyataan Kepala Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Antonius Supratiknya, Selasa (21/4/2020). Foto : A Rudy Hertanto

Langkah tersebut ditempuh guna mengetahui seberapa besar gelombang pemudik maupun pendatang serta mengantisipasi penyebaran corona virus disease (covid-19) di wilayahnya.

“Setiap pemudik yang pulang kami suruh lapor ke RT atau kepala dusun kemudian kami data dan kami memantau dengan bidan desa untuk kondisinya,” katanya.

Hal ini berlaku di 6 dusun di Desa Kalipang, setelah di data mereka yang mudik diperiksa kondisi kesehatannya seperti suhu tubuhnya dan sebagainya untuk mengetahui ada tidaknya gejala terkait covid-19, kemudian pemantauan selama 14 hari berikutnya dengan disarankan melakukan isolasi sendiri di rumah.

Seperti disampaikan Antonius, pihak desa juga sudah mempersiapkan balai desa yang siap difungsikan sebagai tempat isolasi.

Hingga minggu kemarin, tercatat ada sejumlah 63 orang pemudik yang datang diketahui dari Surabaya dan Bali, kebanyakan mereka lebih memilih isolasi mandiri di rumah, pergerakan pemudik tiap harinya sekitar 1-2 orang, kemungkinan yang bakal datang dari luar masih banyak. (A Rudy Hertanto)

INDEX