Search

Narapidana Lapas Kediri Dapatkan Asimilasi Rumah dan Integrasi Program Penanganan Covid-19

➤ Informasi Pengunjung : 201
Narapidana Lapas Kediri Dapatkan Asimilasi Rumah dan Integrasi Program Penanganan Covid-19

Kasi Binadik Lapas Klas II A Kediri I Putu Suwarsa. Foto : A Rudy Hertanto

Beberapa narapidana warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Kediri mendapatkan pembebasan atau dikeluarkan bersyarat berupa pemberian asimilasi rumah dan integrasi, Jumat (3/4/2020).

Kepala Lapas Klas II A Kediri Kusmanto Eko Putro melalui Kasi Binadik I Putu Suwarsa menerangkan, pemberian ini berkaitan dengan adanya Peraturan Menteri (Permen) nomor 10 tahun 2010 tentang pemberian asimilasi rumah dan integrasi kepada warga binaan terkait dengan adanya penanggulangan corona virus (covid-19).

Keputusan ini mulai dilaksanakan kemarin hari Senin sampai tanggal 7 April 2020 dalam rangka pengeluaran, “Jadi bagi mereka yang telah memenuhi syarat diberikan asimilasi rumah dikeluarkan lebih cepat dari sebelumnya,” katanya.

Syaratnya adalah bagi narapidana yang telah menjalani 2/3 masa pidananya, tetap berkelakuan baik, tidak ada catatan buruk di dalam lapas serta diberikan kepada warga binaan pidana umum yang rata-rata ancaman pidananya di bawah 5 tahun penjara.

Dalam program ini target yang dicanangkan dari Lapas Kediri ada 232 narapidana warga binaan yang akan dikeluarkan lebih cepat, “Nah itu pun kemungkinan bisa berkurang karena ada mungkin yang tidak memenuhi syarat dan sebagainya atau ada yang sudah pulang, bahkan mungkin bisa melebihi karena ada yang baru masuk dan sebagainya itu belum terhitung,” urai I Putu.

Kepada narapidana yang telah bebas dikarenakan program penanganan covid-19 dari pemerintah, I Putu berpesan tentunya sesuai dengan surat pernyataan mereka untuk tidak bepergian ke mana-mana alias memenuhi anjuran pemerintah yakni “di rumah aja” di alamat tempat mereka yang merupakan tempat asimilasi. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment