Search

Markas Wartawan Disemprot Desinfektan, Ketua PWI Kediri Mega Wulandari : Ancaman Covid-19 Bukan Hal Remeh

➤ Informasi Pengunjung : 200
Markas Wartawan Disemprot Desinfektan, Ketua PWI Kediri Mega Wulandari : Ancaman Covid-19 Bukan Hal Remeh

Markas para jurnalis atau akrab disebut wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kediri di jalan Mayor Bismo Kota Kediri dilakukan penyemprotan desinfektan, Kamis (26/3/2020). Foto : A Rudy Hertanto

Langkah tersebut ditempuh merespon perkembangan yang terjadi berkaitan dengan pandemi virus corona (covid-19), bertujuan mengantisipasi atau pencegahan dan memutus rantai penyebaran covid-19.

Ketua PWI Kediri Mega Wulandari mengatakan, hal ini dapat menjadi contoh kepada masyarakat mengenai kebersihan lingkungan yang harus kita jaga, karena ancaman virus itu hari ini sudah bukan menjadi hal remeh dan bukan bahan bercanda atau kelakar yang baik.

“Karena kita tau kapasitas Kediri sebagai rumah sakit rujukan itu menjadi tanda kutip, tujuan para pasien positif corona maupun suspect corona akan berkumpul di Kediri, sementara kita tau kemampuan dari pada fasilitas rumah sakit maupun tenaga medis di Kediri sangat terbatas,” katanya.

Mega mengungkapkan, mengingat kondisi perkembangan itu, maka sudah seharusnya upaya pencegahan dari masyarakat itu lebih maksimal dilakukan.

Sebab sekarang ini trend naiknya pasien suspect setiap hari semakin meningkat, meskipun sangat diharapkan tidak sampai parah terjadi di Kediri, kesadaran masyarakat terhadap sosial distancing harus tinggi.

“Hari ini sosial distancing sedikit dipaksakan, intruksi dari bupati, mulai hari ini perkumpulan-perkumpulan, kerumunan-kerumunan yang dalam artian bukan urgent harus dibubarkan,” beber Mega.

Seperti disampaikan Mega, jadi kita sebagai wadah organisasi para jurnalis para wartawan memberi contoh edukasi ke masyarakat bahwa yang paling efektif adalah menjaga dari diri kita sendiri sehingga kalau ada diketahui ada yang datang dari daerah merah segera informasikan kepada petugas gugus tugas sehingga pencegahan akan lebih cepat dilakukan.

“Kami mohon kepada masyarakat, ini bukannya sesuatu menakut-nakuti tapi memang kita harus waspada luar biasa, virus ini juga menyebar lewat udara, sehingga kebersihan lingkungan mutlak dibutuhkan, tidak hanya bersentuhan tapi WHO menyampaikan bahwa virus ini menyebar lewat udara dan bisa bertahan di udara virus ini selama tiga sampai delapan jam itu perlu disampaikan ke masyarakat,” urainya.

Sehingga penyemprotan kali ini adalah salah satu langkah preventif, agar para wartawan disini bisa bekerja dengan baik bersosiliasasi dengan aman, walaupun ini tidak 100 persen mencegah tapi ini adalah upaya PWI Kediri, “Saya harap apa yang kami lakukan bisa menjadi rujukan atau contoh di masyarakat bahwa kebersihan itu mutlak kita jaga sampai kapan pun,” lanjut Mega.

Selain itu Mega menambahkan, kami harap karena PWI juga bagian dari gugus tugas penanganan penanggulangan covid-19, kami berharap semua pihak menyampaikan informasi dengan lugas dengan benar jangan kita malah menjadi sumber hoax.

Karena informasi yang benar itu, sepahit apapun itu akan mengedukasi masyarakat, karena dengan informasi yang benar juga akan membawa dampak positif juga sehingga masyarakat akan lebih bisa antisipasi secara mandiri, Mega juga berpesan kepada insan pers jangan terlalu terburu-buru sebelum berita itu terkonfirmasi untuk informasi yang valid kepada masyarakat. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment