Search

3505 Cup Dawet Lele Pranggang Pecahkan Rekor MURI Ambyarkan Stunting

➤ Informasi Pengunjung : 100
3505 Cup Dawet Lele Pranggang Pecahkan Rekor MURI Ambyarkan Stunting

Ribuan cup berisi dawet lele di Lapangan Desa Pranggang Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri dinyatakan memecahkan rekor “Sajian Dawet Lele Terbanyak” Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), sebanyak 3505 cup dawet lele berhasil disajikan, Selasa (25/2/2020). Foto : A Rudy Hertanto

“Rekor ini kami catat pada urutan rekor yang ke 9427 dan rekor dunia, piagam penghargaan kami anugerahkan kepada Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Jawa Timur (Jatim) dan Pokdakan (kelompok pembudidaya ikan) Rukun Tani Desa Pranggang Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri,” kata Ariyani Siregar selaku Senior Manager MURI.

Hadir dalam kesempatan tersebut, istri Wakil Gubernur Jawa Timur yang juga Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Jawa Timur Arumi Emil Dardak, Bupati Kediri Haryanti Sutrisno beserta jajaran terkait lainnya.

Arumi Emil Dardak mengatakan, aksi pemecahan rekor MURI ini sekaligus berkampanye Gerakan Mari Makan Ikan (Gemarikan) untuk pencegahan Stunting (permasalahan kesehatan tumbuh kembang akibat kekurangan gizi pada anak).

Menurut Arumi, mendukung tumbuh kembang anak sangat dianjurkan mengkonsumsi ikan, baik itu ikan air tawar maupun laut, karena ikan memiliki protein tinggi serta mengandung Omega 3, mudah diserap tubuh dan baik bagi perkembangan otak.

Arumi memaparkan, berbicara soal angka konsumsi ikan di Kabupaten Kediri tergolong masih rendah, hanya berkisar di 18 kg per orang per tahunnya, nilai itu jauh dengan rata-rata provinsi sebesar 36,82 kg per orang per tahun dan nasional 50,69 kg.

Banyaknya gizi ikan dan dapat disajikan dalam variasi menu kuliner, diharapkan ke depan optimis untuk lebih bisa membudidayakan, memperbanyak dan mensosialisasikan makan ikan serta bisa menjadi kebiasan masyarakat di Kabupaten Kediri.

Informasi dihimpun, Bupati Kediri Haryanti mengungkapkan, Kabupaten Kediri memiliki potensi di sektor perikanan diantaranya, lele, patin, gurami, nila dan lainnya, bahkan Kabupaten Kediri terkenal sebagai pusat ikan hias KOI.

Seperti dikatakan Bupati Haryanti, dari aksi pemecahan rekor MURI ini, bisa mendorong dan meningkatkan minat masyarakat Kabupaten Kediri untuk makan ikan. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment