Search

Pesta Makan Durian Medowo Gratis 2020

Pesta Makan Durian Medowo Gratis 2020

Gunungan tumpeng durian dan antusiasme pengunjung makan gratis Durian Medowo, Sabtu (22/2/2020). Foto : Pratikto Rendra Putranto

Sekitar 2020 buah durian di susun menjadi 5 gunungan tumpeng di persiapkan oleh warga Desa Medowo Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri.

Acara yang di selenggarakan setiap 1 tahun sekali menjadi tradisi rutin di Desa Medowo, sebagai rasa sujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan Rahmat Nya kepada warga Desa Medowo.

2020 tiket masuk di bagikan gratis kepada para pengunjung guna di tukarkan dengan buah durian yang di siapkan oleh panitia. Setiap yang datang mendapatkan 1 tiket masuk dan kemudian di tukarkan kepada panitia, 1 tiket mendapatkan 1 buah durian gratis.

Sujarwo Kepala Desa Medowo mengatakan, acara ini sebagai promosi wisata dan tasyakuran sebagai rasa wujud syukur masyarakat Medowo kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah diberikan rezekinya yaitu berupa panen buah durian.

Durian medowo berbeda dengan durian dari daerah lain. Durian medowo memiliki ciri khas ukuran besar kecilnya bervariasi dan memiliki citarasa bervariasi juga, rasanya khas, legit dan terasa ada pahit-pahitnya.

Dalam acara ini banyak pengunjung asal sekitar Kediri termasuk luar Kediri datang memeriahkan acara “Makan Durian Gratis”. Salah satunya Dita seorang mahasiswa dari Surabaya.

“Baru pertama kali saya ke sini. meriah dan banyak yang datang. Saya dari Surabaya jam 5 sampai sini jam 7 kurang.” terangnya.

Selain dari Surabaya juga ada yang datang dari warga sekitar Kediri termasuk dari Pare yakni Catur Pamungkas yang sudah 2 kali ikut acara ini.

“2 kali saya ikut acara ini dan ke depannya semoga lebih sukses lagi dan duriannya lebih besar lagi,” katanya.

Ada banyak jenis durian yang ada di Desa Medowo, dimana mayoritas hampir 50% petani memiliki pohon durian. Desa Medowo masih bisa memanen sekitar 2000 biji durian setiap harinya meskipun kadang gagal panen. Selain buah durian, pertanian di Medowo juga ada manggis dan salak.

Selain durian sebagai destinasi wisata yang baru juga di perkenalkan dalam acara ini antara lain Sumber Jodo, Sumber Londo dan Sumber Tretes yang ada di Desa Medowo Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. (Pratikto Rendra Putranto)

INDEX