Search

Resahkan Warga, Sarang Tawon di Dandangan Dievakuasi Petugas Damkar

Resahkan Warga, Sarang Tawon di Dandangan Dievakuasi Petugas Damkar

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Kediri melakukan evakuasi atau penangganan keberadaan sarang tawon di Masjid H. Muhamad Wijadi di lingkungan RT 4 RW 8, Kelurahan Dandangan Kecamatan/Kota Kediri, Senin (17/2/2020). Foto : A Rudy Hertanto

Kepala Unit Pelayanan Teknis Damkar Kota Kediri Fanni Eryanto mengungkapkan, pengamanan potensi bahaya sarang tawon itu menindaklanjuti laporan warga yang disampaikan kepada Satpol PP Kota Kediri dan diteruskan ke Damkar.

“Kalau itu kan ada semacam ada kayak beracun, kalau mengenai saraf itu kan bisa berbahaya, jadi kalau ga mengenai saraf ga apa-apa cuman bengkak atau biasa gitu,” katanya.

Sebelumnya, warga setempat telah berupaya mengusir tawon dengan cara pengasapan, namun tidak berhasil hingga akhirnya dilaporkan ke Satpol PP.

Setiba dilokasi petugas langsung melakukan pengamatan posisi keberadaan sarang tawon yang letaknya persis diantaranya daun pohon palem di area Masjid.

Awal evakuasi, antisipasi serangan tawon petugas menutup lubang utama sarang, sempat terdengar suara bising dari dalam sarang, petugas kemudian memilih menunggu sarang mereda tenang lebih dulu.

Tak berselang lama, penanganan dilanjutkan secara standart dan teknis dengan koordinasi unsur tiga pilar kelurahan bersama warga setempat, sarang tawon berhasil dievakuasi dengan dimasukkan ke dalam karung.

Seperti dikatakan Fanni, berdasarkan pemeriksaan sementara diperkirakan jenis tawon tersebut adalah tawon vespa, mengingat trend penemuan sarang yang terjadi belakangan waktu terakhir.

“Sudah banyak sekali mulai bulan kemarin, Januari itu banyak sekali aduan masyarakat itu, kalau jumlahnya sepuluh lebih,” ungkap Fanni.

Lebih lanjut Fanni menghimbau, apabila warga ada kejadian penemuan sarang tawon lebih baik dilaporkan ke petugas atau pihak berwenang setempat, sebab penanganannya secara amatir itu berbahaya. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment