Search

Aliran Air Sungai di Kampung Dalem Mendadak Berwarna Merah

Aliran Air Sungai di Kampung Dalem Mendadak Berwarna Merah

Petugas Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri melakukan pengambilan sample air sungai dari atas jembatan di utara lembaga pendidikan Al Irsyad. Foto : A Rudy Hertanto

Masyarakat di lingkungan perbatasan antara wilayah Kelurahan Kaliombo dan Kelurahan Kampung Dalem dikejutkan dengan aliran air sungai yang berubah warna menjadi merah, Senin (3/2/2020).

Kejadian ini oleh masyarakat kemudian dilaporkan kepada jajaran Satpol PP Kota Kediri, menindak lanjuti hal itu Tim Deteksi Dini (TDD) Satpol PP Kota Kediri bersama petugas terkait langsung melakukan pengecekan dan pemantauan di lapangan.

Informasi dihimpun menyebutkan, lokasi sungai berada di lingkungan RT 01/02 RW 04 Kelurahan Kampung Dalem Kecamatan/Kota Kediri, petugas melakukan penelusuran sampai jembatan di utara lembaga pendidikan Al Irsyad beberapa meter di selatan simpang empat jalan Brigjen Katamso – jalan Kilisuci.

Ditemui saat berada di jembatan ketika melakukan pengambilan sample air sungai, Kasi Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri, Sentot Iswanto mengatakan, petugas mendapati kondisi air sungai kembali normal dan tak berwarna merah.

“Kita ambil dengan alat yang ada yang portable kita ukur bahwa untuk hasil PH nya masih dalam ring normal terus untuk DO meter itu juga masih dalam ring normal sedang untuk analisa selanjutnya akan kita bawa ke kantor untuk mendapatkan lab, labnya nanti yang akan kita tes adalah BOD (Biological Oxygen Demand) dan satunya adalah TSS (Total Solid Suspended) itu nanti baru kita kumpulkan dari hasil semuanya apakah nanti ada kelainan terhadap air ini yang dilaporkan berwarna merah,” katanya.

Sentot menjelaskan pemeriksaan terhadap sample air itu membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 5 hari, kesimpulan awal atas kejadian ini tentunya baru bisa diperoleh setelah hasil labnya keluar.

“Laporan dari Satpol PP di videonya jam 9 tapi kita mendapatkan laporan jam 12, setengah 1 kita langsung meluncur ke lapangan dan keadaan di sini sudah dalam keadaan normal dan tidak ada warna merah lagi kemungkinan ya terjadi hanya sesaat,” pungkas Sentot. (A Rudy Hertanto)

INDEX