Search

Polres Kediri Kota Dirikan Posko Kontijensi Tanggap Darurat Kebencanaan

Polres Kediri Kota Dirikan Posko Kontijensi Tanggap Darurat Kebencanaan

Kapolres Kediri Kota AKBP. Miko Indrayana melakukan pengecekan kesiapan Posko Kontijensi Aman Nusa II terletak di sisi timur jalan raya, tak jauh di selatan Polsek Mojo wilayah Kabupaten Kediri, Senin (6/1/2020). Foto : A Rudy Hertanto

Merespon perkembangan cuaca dalam kurun waktu terakhir yang menunjukkan hujan dengan intensitas tinggi tak jarang disertai angin kencang.

Polres Kediri Kota mendirikan Posko Kontijensi Aman Nusa II di wilayah Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri sebagai langkah tanggap bencana apabila terjadi hal-hal yang bersifat darurat kebencanaan.

Kapolres Kediri Kota AKBP. Miko Indrayana mengungkapkan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan seluruh stake holder terkait untuk kesiapan dini penanganan potensi bencana, tanah longsor, banjir dan puting beliung.

Baik itu dengan unsur Polri, TNI, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Dinas Sosial membahas tanggap darurat di wilayah hukum Polres Kediri Kota.

Seperti disampaikan Miko saat melakukan pengecekan di Posko Kontijensi Aman Nusa II berlokasi di sisi timur tak jauh di selatan Polsek Mojo, kita memberikan pesan kepada masyarakat, kita siap kita hadir untuk memberikan pelayanan apabila terjadi bencana alam, namun demikian tentunya kita juga berharap tidak sampai terjadi bencana alam, Senin (6/1/2020).

“Kita sudah siap di sini ada dari Dinas Kesehatan kemudian dari Kecamatan dari Koramil, Polsek seluruhnya siap untuk melakukan tindakan-tindakan yang dianggap perlu untuk mengantisipasi kejadian bencana alam,” urai Miko.

Miko menambahkan, sejauh ini dengan leading sektornya dari BPBD, latihan-latihan simulasi-simulasi baik dengan Puskesmas setempat kemudian dengan Koramil dan Polsek setempat sudah dilakukan.

“Artinya ketika ada bencana tanah longsor masyarakat sudah mengerti tentang apa yang akan dilakukan, saya harus lari ke mana saya harus menyampaikan kepada siapa poskonya di mana, Insya Allah masyarakat di Kota Kediri maupun Kabupaten Kediri khususnya telah siap untuk mengantisipasi hal tersebut,” tutur Miko. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment