Search

Horti Expo Promosikan Potensi Hortikultura Kabupaten Kediri (adv)

Horti Expo Promosikan Potensi Hortikultura Kabupaten Kediri (adv)

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno mengunjungi Horti Expo 2019 tanggal 13-15 Desember 2019 yang digelar oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri di kawasan Terminal Simpang Lima Gumul, Sabtu (14/12/19). Foto : Kominfo/lks, yda,dn, tee,tj,wk

Pada kesempatan tersebut, beliau melakukan diskusi dengan peserta Horti Expo, salah satunya dengan ibu Indri anggota PAI (Perhimpunan Anggrek Indonesia) cabang Kediri. Bupati Haryanti pun menanyakan pendapat ibu Indri atas digelarnya event ini.

“Kegiatan ini sangat bagus, kalau bisa waktunya diperpanjang agar masyarakat mempunyai banyak kesempatan untuk berkunjung. Selain itu, tujuan untuk mempromosikan produk-produk anggrek juga bisa lebih mengena, baik kepada masyarakat yang jauh maupun sekitar Kediri sini,” jawab Indri.

Ia pun berharap kedepannya disediakan tempat untuk berjualan produk anggrek di Car Free Day SLG setiap hari Minggu pagi.

Seperti dijelaskan oleh Plt. Kepala Dipertabun, Anang Widodo, saat pembukaan Horti Expo, kegiatan ini bertujuan sebagai wahana silaturahmi, sharing dan promosi komunitas horti baik buah, sayur dan bunga yang ada di Kabupaten Kediri. Ini merupakan kali kedua pelaksanaan, setelah sukses digelar pada bulan April 2019 lalu.

“Dalam satu tahun agro expo digelar dua kali, pada bulan April dan di akhir tahun. Yang akhir tahun seperti kegiatan ini sifatnya latihan guna meningkatkan kualitas horti yang lebih baik,” jelasnya.

Pada penutupan event ada pelatihan kultur jaringan, aklimatisasi anggrek serta penyerahan hadiah kontes anggrek sekitar pukul 15.00 WIB.

Juga dilaksanakan penghitungan berapa hasil penjualan selama pagelaran ini berlangsung. Mulai tananaman hias hingga buah-buahan akan dihitung sebagai bahan evaluasi agar tahun depan bisa berlangsung lebih baik lagi.

Menurut pantauan di lapangan, malam minggu di sekitar kawasan Simpang Lima Gumul diguyur hujan. Namun hal itu tak menyurutkan para pecinta anggrek untuk memburu anggrek yang diminati.

Plt. Kepala Dipertabun, Anang Widodo menambahkan, setiap expo diharapkan tetap ada kompetisi. Pada tahun ini berkesempatan untuk kompetisi adalah horti kultur anggrek.

“Komunitas anggrek di Kabupaten Kediri diharapkan bisa meningkatkan kualitas standar, penampilan dan menata stan anggrek yang menarik. Nanti di bulan April, kami ikutkan kontes dalam expo horti Kab. Kediri bertaraf nasional,” tambahnya.

Dijelaskan kembali oleh Anang, potensi anggrek di Kabupaten Kediri masih sangat besar. Ini terbukti dari jumlah komunitas yang terus meningkat pesat dalam satu tahun pembinaan ini.

“Dalam satu tahun ini luar biasa perkembangan anggrek di Kab. Kediri. Selama ini kita kuat di horti buah, nah selanjutnya tugas kita adalah mengembangkan potensi horti kita di anggrek, aglonema serta bonsai,” pungkasnya. (Advertorial) (Kominfo/lks, yda,dn, tee,tj,wk) (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment