Search

Pemetaan Sementara 5 Wilayah Tercatat Rawan, Rumah Keadilan Pantau Pilkades Serentak Kabupaten Kediri

Pemetaan Sementara 5 Wilayah Tercatat Rawan, Rumah Keadilan Pantau Pilkades Serentak Kabupaten Kediri

Solehuddin (baju putih, berkaca mata), Wakil Ketua Rumah Keadilan menyatakan, pihaknya akan melakukan pemantauan secara keseluruhan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kediri yang sedianya dilakukan pada tanggal 30 Oktober 2019. (Foto : A Rudy Hertanto)

Hal ini disampaikan dalam Press Release di Kantor Rumah Keadilan Perwakilan Kediri (Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum) beralamat di Perum Griya Intan Asri Blok FG2, Kelurahan Mrican Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Senin (28/10/2019) siang.

Seperti diungkapkan Solehuddin, sebenarnya kegiatan pemantauan tersebut sudah mulai berjalan beberapa waktu lalu dan berlanjut sampai tahapan pemilihan kepala desa berakhir.

Pemetakan kondisi wilayah kemudian oprek relawan pemantau dilanjutkan memantau di lokasi-lokasi sampai terbentuknya relawan, tentu terkait sistem yang kita bangun nanti, ada dari internal nanti kita kerahkan para pemantau yang ada di Kabupaten Kediri di coba petakan beberapa titik sebagai pos pemantau, kata Solehuddin.

Lebih lanjut, pemantauan ini untuk terpenuhinya semangat jurdil (jujur dan adil) terhadap perkembangan pelaksanaan demokrasi yang terjadi di Kabupaten Kediri, harapannya yakni bagaimana menciptakan Pilkades jujur, amanah, damai, tentram tentunya nanti bisa menciptakan masyarakat yang adil di tiap-tiap desa yang melangsungkan pilkades ketika kepala desa terpilih secara baik.

Sejauh ini, Solehuddin mengatakan berdasarkan pemetaan sementara, ada 5 titik atau wilayah yang perlu pemantauan ekstra, sebab memiliki potensi kerawanan cenderung konflik berupa pertarungan incumbent dengan calon baru yang sebelumnya juga menjabat atau kerabat dari kepengurusan desa dengan membawa persoalan internal yang belum selesai, hingga kini terpantau belum ditemukan adanya pelanggaran.

Pasca pemantaun keseluruhan proses penyelenggaraan pilkades serentak di Kabupaten Kediri, nantinya hasil temuan akan di bahas di internal terlebih dahulu, apakah perlu diteruskan atau tidak ke pihak berwenang terkait.

Data release Rumah Keadilan menyebutkan, suatu cita-cita yang diharapkan suatu desa agar tercapainya pembangunan desa terus meningkat dan menghasilkan kesejahteraan masyarakatnya yaitu salah satunya dilakukan dengan mendapatkan kepala desa sesuai dengan apa yang mareka inginkan guna mencapainya tujuan bersama.

Untuk mendapatkan seorang Kepala Desa yang diharapkan dapat membawa kepada Pemerintahan Desa yang baik tentunya harus melalui proses yang demokratis yang diwujudkan dengan cara pemilihan Kepala Desa, sebelum melakukan proses pemilihan tersebut tentunya harus melalui tahap penyeleksian bakal calon Kepala Desa yang baik, bersih, dan terbuka agar calon kandidat kepala desa yang akan dipilih melalui proses pilkades merupakan calon-calon yang nantinya jika terpilih dapat membawa pemerintahan desa ke arah yang lebih baik.

Kepala desa memiliki peranan yang sangat penting karena kepala desa ini merupakan pemimpin penyelenggaraan pemerintahan dan penanggung jawab utama di bidang pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan dan urusan pemerintahan umum termasuk pembinaan ketenteraman dan ketertiban.

Kepala desa juga mengemban tugas membangun mental masyarakat desa baik dalam bentuk menumbuhkan dan mengembangkan semangat membangun yang dijiwai oleh asas usaha bersama dan kekeluargaan. Proses pemilihan kepala desa dilaksanakan melalui beberapa tahapan

Dimulai dari masa persiapan dan tahap pelaksanaan meliputi, persiapan pemilihan, penyelenggaraan pemilihan, penetapan pemilih, pendaftaran dan penetapan pasangan calon terpilih, pengesahan dan pengangkatan.

Dalam penyelenggaraan proses pemilihan Kepala Desa di berbagai daerah di tanah air sering ditemukan berbagai masalah dan kejadian yang tidak diharapkan, walaupun semua daerah telah memiliki Peraturan Daerah yang mengatur tentang mekanisme pemilihan Kepala Desa di wilayahnya. Sehingga Pemilihan kepala desa penting untuk dipantau dan diawasi karena menjadi indikator dari sebuah negara demokrasi.

Kabupaten Kediri pada langgal 30 Oktober Tahun 2019 akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa secara serentak di 251 Desa yang tersebar di Kabupaten Kediri. Rumah Keadilan Perwakilan Kediri dalam pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Kediri menyiapkan 50 pemantau.

Tugas para pemantau nantinya akan memantau secara langsung pelaksanaan di lapangan, melaporkan guna untuk menyukseskan pesta demokrasi di tingkat desa dengan berpedoman pada persatuan dan kesatuan, serta semangat kebersamaan dalam mewujudkan Pilkades yang damai, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan sukses.

Hotline contact Rumah Keadilan Perwakilan Kediri, Fatwa Azis (081554935594), Hafidz Ramadhany (081393406319). A Rudy Hertanto

INDEX

Leave a Comment