Search

Bergerak Bersama Kirab Merah Putih Raksasa

➤ Informasi Pengunjung : 91
Bergerak Bersama Kirab Merah Putih Raksasa

Telah menjadi sebuah tradisi, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 74, aksi Kirab Merah Putih Raksasa kembali dilakukan di Kota Kediri, Jumat (16/8/2019) siang. (Foto : A Rudy Hertanto)

Merah Putih raksasa dengan ukuran sekitar 30 meter x 60 meter itu dibawa bersama-sama berjalan kaki dari titik Start di Balai Kota Kediri melewati rute Jalan Brawijaya – Jembatan lama –Jalan KDP Slamet – Bundaran Sekartaji – Jalan Veteran – Jalan Mastrip menuju titik Finish di kawasan Goa Selomangleng, diberangkatkan langsung oleh Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar (akrab disapa Mas Abu) beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Kediri.

“Saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya karena kegiatan ini bisa terlaksana atas inisiasi dari pemuda di Kota Kediri. Alhamdulillah kegiatan ini dicontoh kota lain. Tetapi tidak apa-apa karena kita yang mengawalinya,” kata Mas Abu mengawali sambutannya dihadapan sekitar dua ribu perserta kirab.

Pesertanya terdiri dari Pemerintah Kota Kediri, DPRD, TNI, Polri, KNPI, Paskibraka Kota Kediri beserta pecinta alam, Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP), umum, kalangan pelajar SMP dan SMA, otomotif Kediri, Santri dari Pondok Pesantren di Kota Kediri, Barongsai Yayasan Tri Dharma Tjoe Hwie Kiong Kota Kediri, Karang Taruna Kota Kediri, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Kediri.

Lebih lanjut Mas Abu mengatakan melalui kegiatan ini sebagai salah satu bentuk mewarisi nilai-nilai para pejuang. “Saya doakan ini menjadi amal saleh dan mudah-mudahan mengobarkan semangat menjaga keutuhan NKRI,” urainya.

Setibanya di titik finish dilanjutkan rencana pendakian untuk pemasangan merah putih raksasa tersebut di Gunung Klotok, data dihimpun menyebutkan lokasinya berada diketinggian 560 mdpl sehingga dapat terlihat dari Kota Kediri, dimana hanya Kota Kediri dan Kota Batu yang wilayahnya mempunyai gunung dalam kota.

Kegiatan Kirab Merah Putih ini bertujuan untuk mengobarkan semangat, jiwa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi terhadap nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa khususnya bagi para Pemuda Kediri yang notabene adalah kader penerus bangsa serta mengenang perjuangan para Pahlawan dalam merebut kemerdekaan Negara Republik Indonesia dari tangan penjajah. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment