Search

Setelah 6 Tahun Lebih, Gugatan Sukartini Akhirnya Dikabulkan Majelis Hakim

➤ Informasi Pengunjung : 101
Setelah 6 Tahun Lebih, Gugatan Sukartini Akhirnya Dikabulkan Majelis Hakim


 

 

 

Pelaksanaan Eksekusi pengosongan perkara Nomor : 4/Pdt.Eks/2017/PN.Kdr, Selasa (13/8/2019). (Foto : A Rudy Hertanto)

Perjuangan Sukartini (67) perempuan warga jalan Jaksa Agung Suprapto Kota Kediri selama kurang lebih 6 tahun untuk memperoleh kembali haknya sebagai ahli waris yang sah atas tanah dan bangunan di jalan Kawi di wilayah Kelurahan Mojoroto Kecamatan Mojoroto Kota Kediri milik ibu kandungnya yakni Almarhum Nyonya Moentalip atau disebut Siti Ngaisah mendapatkan titik terang.

Pengajuan gugatan perkara perdata permohonan eksekusi yang diajukan Sukartini ke Pengadilan Negeri (PN) Kota Kediri dikabulkan oleh Majelis Hakim, hal ini berdasarkan pada Penetapan Ketua Pengadilan Negeri Kediri Nomor : 4/Pdt.Eks/2017/PN.Kdr tertanggal 20 Maret 2019.

Selasa (13/8/2019) pagi, petugas eksekusi PN Kota Kediri bersama kepolisian dan perangkat kelurahan setempat beserta para pihak terkait lainnya mendatangi obyek eksekusi di jalan Kawi tersebut untuk melakukan Eksekusi pengosongan perkara Nomor : 4/Pdt.Eks/2017/PN.Kdr antara Sukartini sebagai Pemohon Eksekusi.

Melawan para Termohon Eksekusi diantaranya Maria Vincentia Suratmi dan Fransiscus Sudaryanto (pasangan suami istri warga jalan Margotani Kelurahan Sukorame Kecamatan Mojoroto Kota Kediri), Slamet Santoso warga jalan Banjaran No. 43 Kota Kediri, Drs. Edy Harwanto selaku Pejabat Pembuat Akta Tanah / Camat Kecamatan Mojoroto Kota Kediri pada tahun 2003, dahulu berkantor di jalan KDP Slamet No. 29 Kota Kediri sekarang beralamat di jalan Penanggungan No. 117 Kelurahan Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri serta Turut Termohon Eksekusi yakni Badan Pertanahan Nasional Kota Kediri.

Agus Santoso, SH Juru Sita PN Kota Kediri menuturkan pelaksanaan eksekusi ini, pihaknya mendapatkan tugas dari Ketua PN untuk melaksanakan pengosongan dalam hal perkara Nomor : 4/Pdt.Eks/2017/PN.Kdr atas perkara yang telah berkekuatan hukum tetap.

Mengenai pokok perkaranya, Kantor Hukum Eko Budiono, SH. MH melalui Nida Khittoh Islamy, SH selaku Team Kuasa Hukum mengungkapkan, semasa hidup Almarhum Siti Ngaisah disebut juga Nyonya Moentalip memiliki tanah dan bangunan di jalan Kawi No 36 RT. 016 RW. 005 Kelurahan Mojoroto Kecamatan Mojoroto Kota Kediri sebagaimana tertuang dalam Petok D, persil No. 104 Blok D I Kohir No : 1567 seluas kurang lebih 213 meter persegi atas nama Nyonya Moentalip (Almarhum Siti Ngaisah).

Dahulu, Siti Ngaisah memiliki hubungan dekat dengan Maria, karena Maria sempat di asuh oleh Siti Ngaisah, kedekatan itu ternyata dimanfaatkan Maria untuk menguasai harta Siti Ngaisah, pada tahun 2003 petok D tersebut tiba-tiba terjadi peralihan hak, muncul surat hibah hingga menjadi sertifikat atas nama Maria Vincentia Suratmi yang ternyata tanda tangan Siti Ngaisah dipalsukan oleh Maria bersama suaminya Fransiscus Sudaryanto.

Ketika itu berdasarkan adanya dugaan pemalsuan akta autentik dan memberikan keterangan palsu, kuasa hukum melaporkan pidana keduanya, di persidangan perbuatan Almarhum Maria Vincentia Suratmi dan Almarhum Fransiscus Sudaryanto terbukti melakukan pemalsuan akta autentik dan memberikan keterangan palsu dan dihukum 1 tahun 2 bulan.

Selanjutnya setelah terbukti adanya pemalsuan atas tanda tangan Almarhum Siti Ngaisah, kuasa hukum mengajukan Gugatan Perdata yang teregister di Pengadilan Negeri Kediri No. 37/Pdt.G/2015/PN.Kdr dan atas gugatan tersebut ada upaya hukum banding sampai dengan Peninjauan Kembali (PK).

“Atas putusan PK di tingkat Mahkamah Agung Republik Indonesia, kuasa hukum mengajukan Permohonan Eksekusi pada tahun 2017 dan ditindak lanjuti pada tahun 2019, yang pelaksanaannya dilakukan pada tanggal 13 Agustus 2019,” jelas Nida.

Sementara putusan PN junto Banding junto PK menyatakan Sukartini secara sah sebagai ahli waris atas tanah dan bangunan milik Almarhum Siti Ngaisah yang berlokasi tepatnya di jalan Kawi No. 36 RT. 016 RW. 005 Kelurahan Mojoroto Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment