Search

Trend Penjualan Hewan Qurban Alami Peningkatan

➤ Informasi Pengunjung : 45
Trend Penjualan Hewan Qurban Alami Peningkatan

Mendekati hari raya Idul Adha, tim petugas kesehatan hewan Kota Kediri mendatangi sejumlah tempat penjualan hewan Qurban, Selasa (6/8/2019). (Foto: A Rudy Hertanto)

Setiba di lokasi, petugas langsung melakukan pemeriksaan pada fisik hewan berupa kambing dan sapi yang dijual sebagai hewan Qurban.

Drh. Pujiono mengatakan, pemeriksaan pada kesempatan ini yakni pemeriksaan luar kondisi kesehatan fisik meliputi pengecekan mata, hidung, gigi, telinga dan usia termasuk kebersihan serta perawatan selama berada tempat penjualan.

Hasil pemeriksaan sejauh ini menunjukkan tidak ditemukan adanya penyakit berbahaya, rata-rata ketersediaan hewan yang dijual untuk Qurban sudah memenuhi syarat dan berkualitas layak dikonsumsi.

Kendati demikian apabila dalam perkembangannya pemantauan selanjutnya didapati hewan yang tak memenuhi kategori layak, maka akan dilakukan penarikan dari peredaran.

Pasca pemeriksaan, tempat penjualan yang sudah diperiksa oleh petugas diberikan penanda “Hewan-hewan ini sudah diperiksa dan layak untuk dijual sebagai hewan Qurban”.

Son pedagang hewan Qurban berupa kambing Jawa berlokasi di jalan Penggungan Kota Kediri di wilayah Kelurahan Lirboyo Kecamatan Mojoroto mengungkapkan, harga hewan Qurban di tempatnya bervariasi mulai dari 1,6 – 6 juta per ekornya, jika di bandingkan tahun kemarin, trend penjualan hewan Qurban saat ini mengalami kenaikan sebesar 10-20 persen.

Hal senada juga disampaikan Samarin pedagang sapi jenis Brahman di wilayah Kelurahan Campurejo, dengan variasi harga 18-32 juta, penjualannya naik hingga sekitar 20 persen. (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment