Search

Pendataan Disperindag Untuk Tingkatkan Pendapatan Pelaku Usaha (adv)

➤ Informasi Pengunjung : 220
Pendataan Disperindag Untuk Tingkatkan Pendapatan Pelaku Usaha (adv)


Proses pendataan usaha yang dilakukan petugas Disperindag Kota Kediri. (Foto : Disperindag Kota Kediri)

Merespon program Kopi Tahu berisi pembahasan perkembangan yang terjadi di lingkungan kelurahan antara Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri bersama masyarakat secara langsung serta bincang masa depan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Kediri meluncurkan inovasi berupa program peningkatan system jaringan perdagangan, demikian dikabarkan Senin (31/12/2018).

Yetty Sisworini, Kepala Disperindag Kota Kediri menjelaskan bahwa program ini bermula dari adanya masukan yang baik dari masyarakat ketika kegiatan Kopi Tahu tahun 2016 lalu, “Kemudian hal itu kami tindak lanjuti,” katanya.

Seperti diungkapkan Yetty, tentang program peningkatan system jaringan perdagangan yang bertujuan untuk meningkatkan nilai pendapatan pelaku usaha tersebut, Disperindag akan melakukan pendataan pelaku usaha mulai dari usaha kuliner hingga usaha jasa, dimana prosesnya kini sudah mulai dilaksanakan dan berjalan.

“Pendataan ini dimaksudkan agar semua usaha di Kota Kediri bisa diketahui dan terdeteksi keberadaan serta aktifitasnya, dengan kondisi itu ke depan Pemkot bisa lebih maksimal dalam memberikan pembinaan dan perhatian,” tutur Yetty.

Tahap pertama, Disperindag melakukan pendataan usaha makanan dan minuman di setiap kelurahan di Kota Kediri, untuk pertama kalinya yakni di Kelurahan Ngadirejo, hasilnya sudah terdata sebanyak 100 pelaku usaha, dilanjutkan ke Kelurahan Bandar Lor, Kelurahan Ngronggo dan Kelurahan Pesantren.

Data itu kemudian di kemas dalam system jaringan perdagangan dan dapat di akses melalui media, televisi, media cetak, media online. “Untuk kelancaran pendataan Disperindag menggandeng kepala kelurahan dan seluruh elemen diharapkan turut berperan aktif mendukung pendataan usaha seperti warung kopi, warung nasi, rumah makan, jasa loundry hingga tambal ban,” urai Yetty.

Dari pendataan akan menghasilkan database selanjutnya di integrasikan dengan website Pemkot Kediri, tujuannya untuk mempromosikan berbagai usaha tersebut sehingga dapat di akses dan lebih di kenal masyarakat luas. (Advertorial) (A Rudy Hertanto)

INDEX

Leave a Comment