Search

Penyatuan Wirasa Wiraga Wirama Ganongan

➤ Informasi Pengunjung : 315
Penyatuan Wirasa Wiraga Wirama Ganongan


 

 

 

Berangkat dari kisah Bujang Anom atau yang di kenal dengan Bujang Ganong, menurut legenda merupakan patih dari Prabu Klana Sewandana dari Bantar Angin yang sekarang sangat berkembang di Ponorogo wilayah barat dari Jawa Timur, di salah satu sisi Pujangga Anom adalah adik dari Dewi Sangga Langit Kerajaan Kediri. Suatu saat Prabu Klana Sewandana menyuruh sang Pujangga Anom melamarkan Dewi Sangga Langit di Kediri.

Berpadu dengan tari yang merupakan ekspresi budaya dari suatu masyarakat menyatukan gerak, rasa dan irama (penyatuan wirasa, wiraga, wirama) yang begitu indah sesuai ekspresinya.

Untuk melestarikan nilai-nilai budaya dan kesenian tradisional tersebut, pengelola kawasan wisata Sumber Air Sugihwaras, Desa Dukuh Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kediri mengadakan Festival Tari Ganongan tingkat Kabupaten Kediri, Minggu (23/12/2018).

Mengusung tema “Melalui Seni PertunjukanTari Ganongan dapat mengembangkan kreasi dan inovasi perkembangan seni tari tradisi” berlangsungnya kegiatan diisi dengan perlombaan yang diikuti peserta dari wilayah eks Karesidenan Kediri ini memiliki tujuan untuk memberi wadah dan kesempatan kepada para generasi muda untuk menyalurkan bakat mereka di bidang seni. Selain itu juga sebagai ajang promosi bagi para pecinta seni pemula yang ada di Kabupaten Kediri.

Kualitas Teknik Tari, Keharmonisan Tari Dan Musik, Penghayatan Dalam Menari, Terobosan Kreasi Gerak, Keserasian Antara Tari, Musik, Tata Rias, Tata Busana, Penguasaan Area Pentas menjadi kunci penjurian.

Darmini selaku penitia serta pengelola kawasan wisata Sumber Air Sugih Waras berharap acara ini ke depannya tetap bisa berlanjut. Selain untuk kearifan lokal bagi para budaya di sekitar juga sebagai bentuk pelestarian seni tradisional, khususnya di Kabupaten Kediri. (Pratikto Rendra Putranto)

INDEX

Leave a Comment