Search

Germas Puhjarak : Tindakan Dini Mandiri, Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Germas Puhjarak : Tindakan Dini Mandiri, Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Lomba fashion show Germas oleh UPTD Puhjarak se Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri, Jumat (14/12/2018). (Foto : Pratikto Rendra Putranto)

Makan buah bersama menjadi pembuka kemeriahan rangkaian lomba Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) diselenggarakan Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Puhjarak Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri di kantor kecamatan setempat.

Dikatakan Dewi Retno, Kepala UPTD Puskesmas Puhjarak, pada intinya Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Yakni dengan rutin melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah serta memeriksa kesehatan secara berkala.

Dalam acara bertema Sehat Dimulai Dari Keluarga tersebut, juga diadakan senam pagi dan fashion show buah dan sayur. Pesertanya berasal dari perwakilan sejumlah desa se Kecamatan Plemahan termasuk kontestan dari tenaga kesehatan di lingkungan UPTD Puskesmas Puhjarak.

Lebih lanjut Dewi mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan ini bertujuan menggalakan masyarakat untuk makan buah dan sayur, mensosialisasikan berbagai materi tentang pola hidup sehat lainnya seperti olahraga teratur.

Tidak merokok dalam rumah, pentingnya menjaga kebersihan sumur air dan jamban keluarga, serta respon dan tindakan dini mandiri penangganan terhadap berbagai penyakit menular maupun tidak menular.

Dihimbau agar partisipasi warga dapat ditingkatkan dalam perkembangan kesehatan di wilayahnya, sehingga utamanya warga bisa mencegah bukan mengobati, caranya dengan melakukan konsultasi di puskesmas atau di pusat pelayanan kesehatan di masing-masing desa, pungkas Dewi. (Pratikto Rendra Putranto)

INDEX