Search

Masa Cuti Habis, Mas Abu – Ning Lik Aktif Lagi Jabat Walikota dan Wakil Walikota

Masa Cuti Habis, Mas Abu – Ning Lik Aktif Lagi Jabat Walikota dan Wakil Walikota

Pasca menjalani masa cuti guna mengikuti tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Kediri, Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar (Mas Abu) dan Wakil Walikota Kediri, Lilik Muhibbah (Ning Lik) kembali aktif menjabat sebagai Walikota dan Wakil Walikota Kediri. (Foto : Siaran Pers Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Kediri)

Hal ini ditandai dengan digelarnya serah terima jabatan dari Pejabat sementara (Pjs) Walikota Kediri, Jumadi kepada Walikota dan Wakil Walikota definitif yang habis masa jabatannya pada April 2019 mendatang.

Demikian dikabarkan melalui Siaran Pers Bagian Humas dan Protokol, Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri. Acara serah terima dilaksanakan di Gedung Grahadi di Surabaya yang dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo.

Selain Kota Kediri Soekarwo juga melakukan serah terima jabatan dan penyerahan surat perintah tugas dari Pjs Walikota Malang kepada Wakil Walikota Malang dan Pjs Bupati Jombang kepada Wakil Bupati Jombang, Sabtu (23/6/2018) kemarin.

Gubernur yang akrab dengan sapaan Pakde Karwo ini mengatakan kepemimpinan yang diisi oleh Pjs telah berakhir dan kepala daerah definitif sudah mulai bertugas kembali setelah masa cuti berakhir.

“Mulai nanti pukul 00.00 kepala daerah sudah bertugas kembali,” ujarnya.
Soekarwo juga menjelaskan memang sulit melepaskan hubungan emosional dengan kepala daerah. Namun sebagai ASN harus tetap menjunjung tinggi profesionalisme dan menghindari politisasi birokrasi.

Sedangkan untuk walikota dan wakil walikota, Soekarwo menekankan agar selalu membaca Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah pada pasal 65 ayat 1 dan 2 serta pasal 66 ayat 1 huruf c. “Jadikan dua pasal tersebut sebagai pegangan,” tekannya.

Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan setelah aktif kembali sebagai walikota dirinya akan melakukan perencanaan-perencaan yang lebih strategis karena saat ini daerah di sekitar Kota Kediri tengah berkembang. “Ke depan positioning Kota Kediri semakin jelas. Saya berharap hal itu juga dapat dijadikan dasar dalam penyusunan RPJMD,” ujarnya.

Walikota yang berusia 38 tahun ini juga mengungkapkan agar ASN dilingkungan Pemerintah Kota Kediri melayani dengan lebih baik lagi dan memiliki terobosan-terobosan yang bermanfaat.

“Masyarakat saat ini sudah mengerti dan sadar akan fasilitas-fasilitas apa saja yang harus diberikan oleh pemerintah. Saya berharap ASN di Kota Kediri melayani lebih baik lagi dan khusunya di bidang pelayanan harus terus berbenah,” ungkapnya.

Hadir dalam acara ini perwakilan Forkopimda Provinsi Jawa Timur, Sekretaris Daerah berserta perwakilan OPD dari Kota Kediri, Kabupaten Jombang dan Kota Malang, serta Forkopimda dari Kota Kediri, Kabupaten Jombang dan Kota Malang. (Siaran Pers Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Kediri) (A Rudy Hertanto)

INDEX