Search

Mas Abu : Banggakan Masyarakat Kota Kediri dengan Gerakan Pramuka

Mas Abu : Banggakan Masyarakat Kota Kediri dengan Gerakan Pramuka

Apel besar Gerakan Pramuka yang digelar dalam rangka memperingati HUT Gerakan Pramuka ke-56 di Kota Kediri, Jumat, 25 Agustus 2017, yang dipusatkan di Alun-Alun Kota Kediri, berlangsung semarak. (Foto : Humas dan Protokol Pemerintah Kota Kediri)

Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar bertindak sebagai pemimpin dalam apel besar gerakan Pramuka tersebut. Sebelum menyampaikan naskah sambutan Kwartir Nasional gerakan Pramuka, Kak Abu panggilan akrab Walikota Kediri ini menitipkan pesan kepada anggota Pramuka.

“Menjadi Pramuka harus membuat bangga masyarakat Kota Kediri, adakan gerakan-gerakan yang positif dan bersinergi dengan masyarakat. Pramuka tidak boleh eklusif melainkan harus inklusif, mengapa demikian karena dengan adik-adik membaur dengan masyarakat akan jauh lebih baik ke depan,” pesannya.

Dalam sambutan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang dibacakan oleh Kak Abu menyebutkan bahwa, dengan mengusung tema Hari Pramuka ke-56 tahun 2017 yaitu “Bekerja untuk kaum muda, mewariskan yang terbaik bagi Bangsa”, Pramuka merupakan garda terdepan perekat persatuan dan kesatuan bangsa, pendidikan kepramukaan yang mendasarkan Satya Darma Pramuka sebagai pedoman bersikap dan berperilaku.

“Peringatan Hari Pramuka ke 56 tahun 2017 ini bersamaan dengan Raimuna Nasional ke XI Tahun 2017 yang di selenggarakan dibuper Cibubur Jakarta mulai tanggal 13 s/d 21 Agustus 2017, dan telah dibuka oleh Bapak Presiden Joko Widodo dengan tema “ Pramuka Untuk Masa Depan Indonesia dengan Slogannya “ kibar ( kreatif, inovatif dan berkarakter ) untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada ketua kwarcab yang telah mengirimkan peserta raimuna nasional. Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankanlah pula saya mengajak kepada adik-adik Pramuka untuk berusaha menjauhkan diri dari dampak negatif dalam pergaulan di masyarakat seperti dampak narkoba, pergaulan bebas, kekerasan dan minum-minuman keras, berita hoax dan sebagainya, lebih baik gunakan waktumu untuk belajar, berlatih ketrampilan, dan membangun lingkungan masyarakat”, tambah Kak Abu selaku Dewan Pembina Kwarcab Kediri.

Dalam kesempatan tersebut, Kak Abu juga mengucapkan terima kasih atas peran seluruh jajaran gerakan Pramuka di Kota Kediri atas partisipasi aktif dalam kegiatan peduli lingkungan seperti penghijauan, pemberian santunan dan kampung kelir Pramuka. Yang pertama telah kita laksanakan pada bulan April Tahun 2017 di Kelurahan Dandangan dan saat ini kita akan melakukan lounching kampung kelir Pramuka yang ke-2 di Kelurahan Kampung Dalem, tentunya kegiatan semacam ini akan meningkatkan kebersihan, keindahan, dan daya tarik lingkungan masyarakat.

“Kepada para penerima penghargaan dari gerakan Pramuka saya ucapkan selamat dan terima kasih atas jasa-jasa dan pengabdiannya dalam meningkatkan aktivitas semoga penghargaan yang telah diterima dapat memacu dan memotivasi dalam memajukan gerakan Pramuka. Satu Pramuka untuk satu indonesia.Jayalah Pramuka. Jayalah Indonesia,” tutur Kak Abu.

Dalam apel besar ini Kak Abu diberikan kesempatan untuk menyematkan Bintang Tahunan dan Garuda Lencana Ungu serta memberikan penghargaan kepada Pramuka Garuda Siaga : 158 Pramuka Garuda Penggalang : 75, Pramuka Garuda Penegak : 52. Tampak hadir dalam acara tersebut, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Kediri – Maki Ali , Pengurus Cabang Pramuka Kota Kediri dan seluruh Ranting Pramuka se-Kota Kediri.

Ditemui usai acara Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Kediri – Maki Ali menyampaikan bahwa acara peringatan ini tentunya mengingatkan agar supaya Dasa Dharma Pramuka tetap melekat di jiwa dan masing-masing jiwa pada adik-adik Pramuka, selain itu ada prestasi yang sudah diraih oleh Pramuka Kota Kediri yaitu Raimuna di tingkat Nasional maupun di tingkat Propinsi.(Humas dan Protokol Pemerintah Kota Kediri)

INDEX

Leave a Comment