Search

Walikota Kediri Bagikan Kain Seragam SMA Gratis

Walikota Kediri Bagikan Kain Seragam SMA Gratis

Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar membagikan kain seragam SMA gratis untuk seluruh pelajar di Kota Kediri. Meskipun pengelolaan SMA dan SMK telah diambil alih Provinsi Jawa Timur, tetapi para siswanya tetap mendapatkan pembagian seragam sekolah dari Pemkot Kediri.(Foto: Duchang Prakasa)

“Harapan kami melalui pembagian kain seragam gratis ini bertujuan untuk menekan ongkos pendidikan. Sehingga biaya pembelian seragam bisa untuk kegiatan lain seperti biaya bimbingan belajar,” ujar Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar di Aula SMA Negeri 3 Kota Kediri, Rabu (26/7/2017).

Dia mengatakan, Pemkot Kediri sedang mendesain pendidikan di Kota Kediri agar semakin baik. Sementara hasil akhir yang ingin dicapai yaitu, menginginkan out come para siswa agar menjadi anak yang pintar dan berdaya saing tinggi.

“Menjadi anak yang sukses, ceria dan bebas dari narkoba dan anak anak yang memiliki kesalehan tinggi. Saya tidak ingin ada anak dari keluarga tidak mampu yang tidak bisa bersekolah. Oleh karena itu, kepada seluruh OSIS apabila mengetahui ada anak yang akan putus sekolah, supaya didekati,” pesannya.

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan ini, Mas Abu berjanji mengalokasikan anggaran untuk pendidikan melalui APBD dengan maksimal. Selain itu, pihaknya berharap seluruh sekolah di Kota Kediri berbenah menjadi sekolah yang keren, dan tidak menjadi sekolah yang terbelakang.

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri, Siswanto menjelaskan, kain seragam gratis diberikan kepada seluruh pelajar yang bersekolah di Kota Kediri, mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA/SMK, baik negeri maupun swasta.

Kain seragam ini untuk jenis nasional (abu-abu putih). Untuk panjang satu stelnya kain kurang lebih 2 meter. Selain berupa kain seragam, pemerintah juga memberikan ongkos jahit setiap siswa sebesar Rp 60 ribu untuk tingkat siswa SD dan SMP. Tetapi tidak untuk siswa SMA dan SMK.

“Kami pergi ke Solo dengan DPRD Kota Kediri beberapa waktu lalu untuk membahas Perda Bantuan Pendidikan. Hasilnya, Pemkot masih diberi kewenangan memberi kain seragam gratis kepada siswa, meskipun SMA dan SMK sudah diambil alih Pemprov Jatim,” jelas Siswanto.

Untuk jumlah siswa penerima bantuan kain seragam gratis tingkat SD sebanyak 6.000 siswa, SMP sebanyak 7.000 siswa dan SMA/SMK sebanyak 11.800 siswa. Selain kain seragam bagi pelajar, Pemkot Kediri juga memberikan bantuan pendidikan kepada mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu. Syaratnya adalah mahasiswa yang memiliki IPK minimal 3. (Duchang Prakasa)

INDEX