Search

Menikmati Jamu Gendong Belantara Sumber Mata Air Plumpungan

Menikmati Jamu Gendong Belantara Sumber Mata Air Plumpungan

Gelaran Festival sumber mata air Plumpungan di Desa Tawang Kecamatan Wates Kabupaten Kediri dimeriahkan sajian minum jamu gendong, pihak panitia setempat menyiapkan sebanyak 1001 gelas jamu Jawa yang dapat dinikmati para pengunjung secara gratis, Sabtu (29/12/2018) pagi. (Foto : Pratikto Rendra Putranto)

Minuman tradisional biasa digunakan sebagai obat yang terbuat dari racikan bahan-bahan alami (herbal) berupa kunir, kencur, kunyit asem dan lain sebagainya, kaya manfaat bagi kesehatan itu disuguhkan ditengah rindangnya kawasan sumber mata air.

Edi Budianto, Kepala Desa (Kades) Tawang Kecamatan Wates Kabupaten Kediri mengungkapkan, dipilihnya jamu pada festival ini karena bertujuan untuk memperkenalkan kepada umum bahwa Desa Tawang merupakan sentra produksi jamu dan dikenal sebagai Desa Wisata Kampung Jamu Gendong sekaligus mempromosikan keasrian sumber mata air Plumpungan.

Menurut Edi, belantara sumber mata air Plumpungan seluas 2,5 hektar selama ini telah menjadi kawasan konservasi dan ekologi beragam tumbuhan dan pohon berusia hingga ratusan tahun dengan ukuran raksasa. Dari kekayaan alamnya tersebut, diharapkan ke depan dapat menjadi sebuah tempat wisata yang edukatif.

Pengunjung juga dihibur dengan adanya pertunjukkan lomba fashion show jamu gendong, berada di bibir kolam, para model berlenggak lenggok memperagakan layaknya seorang penjual jamu gendong.

Menariknya dalam kesempatan ini juga diadakan lomba tapen beras, memisahkan beras dari kotorannya.

Tampah dari anyaman bambu berbentuk lingkaran di isi beras itu digoyang kemudian isinya di lemparkan ke udara, dengan sendirinya kotoran beras berupa sisa kulit padi akan tersisih dan sebagian lainnya jatuh tertiup angin, aktifitas ini seakan mengingatkan kebiasaan sebelum menanak nasi pada masa silam.

Serta penampilan kesenian Reog Ponorogo Pujonggo Anom asal desa setempat. Sementara itu, Arif Gunawan, Camat Wates Kabupaten Kediri mengatakan, melihat lokasi sumber mata air Plumpungan yang berada di jalur menuju obyek wisata Gunung Kelud, hal ini tentunya bisa menjadi tempat singgah yang tepat bagi wisatawan sebelum atau sesudah dari Kelud. (Pratikto Rendra Putranto)

INDEX

Leave a Comment